Dialog RRI, Ayo Jadikan Pilkada Tanjungpinang Festival Program

Wira Selasa, 31 Oktober 2017 22:28 WIB
55x ditampilkan Headline Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Pilkada Tanjungpinang diharapkan menjadi Pilkada yang mendorong lahirnya pesta program. Salah satu pihak yang bisa mendorong hal tersebut diantaranya adalah media massa, selain partai politik yang kelak akan mengusung maupun mendukung kandidat pasangan pada Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Hal tersebut seperti disampaikan Raja Dachroni Direktur Gurindam Research Centre (GRC) saat dialog pagi di RRI Tanjungpinang Selasa (31/10). Dalam dialog yang bertajuk Kontribusi Media Massa dalam Pilkada Tanjungpinang itu juga menghadirkan narasumber dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Nikolas Panama, Komisioner KPU Tanjungpinang Yusuf Mahidin, Kepala RRI Tanjungpinang Harianto dan Perwakilan PWI Kepulauan Riau Zakmi Piliang.

"Kita berharap Pilkada Tanjungpinang bisa menjadi festival program atau ide-ide untuk membangun Tanjungpinang menjadi lebih baik lagi, inilah saatnya saat pra Pilkada. Pemberitaan harus diarahkan ke koalisi partai politik yang tidak hanya mengusung pasangan calon dari tingkat popularitas dan elektabilitas pasangannya tetapi ide-ide apa yang akan dibawa nya untuk membangun Tanjungpinang lebih baik," kata Raja Dachroni.

Ditambahkan Nikolas Panama, Majelis Etik AJI Batam - Kepulauan Riau bahwa media massa punya peranan sangat penting dalam menyukseskan Pilkada utamanya terkait dengan sosialisasi penyelenggaraan dan pencerdasan masyarakat terhadapnya. 

"Media massa adalah milik publik, saya sepakat ide untuk  menjadikan Pilkada Tanjungpinang sebagai festival ide atau program," kata Nikolas Panama. Sementara itu, menurut Kepala RRI Tanjungpinang Harianto RRI merupakan lembaga penyiaran publik tentu lepas dari kepentingan politik yang kita utamakan kepentingan publik.

"LPP RRI sebagai lembaga penyiaran publik merupakan milik rakyat, dikelola oleh orang-orang profesional oleh negara, kita siap memberikan informasi dan kontribusi terbaik untuk masyarakat," kata Harianto, M.Si Kepala RRI Tanjungpinang.

Dialog yang dipandu presenter Agus Santika itu menjadi pemantik dalam mewujudkan Pilkada Tanjungpinang menjadi festival ide atau program-program permasalahan masyarakat Tanjungpinang.