Perahu Pokmaswas Pagar Laut Lambu Bima, Siap Awasi Perbatasan NTT dan Perairan Hindia

Redaksi Senin, 11 Desember 2017 23:11 WIB
226x ditampilkan Nasional

BIMA, -- Pokmaswas(Kelompok Masyarakat Pengawasan)Pagar Laut Desa Lambu Kec Lambu Kab Bima,dibawah bimbingan KUPT Kelautan dan Perikanan,mendapat bantuan perahu dari Dinas Kelautan dan Perikanan pro NTB,untuk mengawasi ilegal fishing (Pemboman ikan,penebang mangrof/hutan bakau,pengambilan terumbu karang),membantu pertahanan dan keamanan,penyelundupan barang terlarang (narkoba) dll.

 
Zona kegiatan pengawasan ini berpusatkan di wilayah laut kec lambu berbatasan dengan teluk sape juga perbatasan dengan propinsi NTT dan perbatasan perairan hindia," Ungkap Abdul Rafik S,Sos KUPT Kelautan dan Perikanan kec lambu di ruangan kerjanya usai rapat koordinasi dengan muspika.

Pokmaswas lambu berkerja sama dengan elemen lain yang di bentuk oleh muspika,seperti TNI, Polri, Pol pp, Dinas kelautan dan perikanan.guna memanimalisir pencegahan ilegal fishing yang selama ini meraja lela di wilayah tertentu,"Jelas nya Abdul Rafik.

Lanjut 'Dengan di terima perahu yang panjang 7 Meter dengan Lebar 2 Meter lebih ini oleh pokmaswas pada selasa (12/12/17) di desa lambu kec lambu, mudah-mudahan sangat efektif dan efisien, dalam kerja sama yang baik antara Pokmaswas dengan pemerintah atau tim yang terbentuk," Tutur Nya.

"Pihak nya sangat optimis,nantinya bisa berkerja maksimal guna langkah pencegahan,seperti  penyelamatan terumbu karang,yang menjadi tempat berlindung anak ikan dan binatang laut,penahanan endapan lumpur yang terbawa air hujan," Tambah Nya.

Ketua Pokmaswas Pagar Laut Syamsudin," seuasai rapat koordinasi dengan tingkat kec di ruangan perikanan dan keluatan,mengatakan,'dengan adanya bantuan perahu dari pemerintah ini,dapat fungsikan dengan baik,guna pengawasan yang maksimal untuk mendorong tujuan dan program KKP RI bebas dari ilegal fishing.

Tamabah Nya. "Pokmaswas ini merupakan Peran serta masyarakat nelayan pesisir yang menjaga laut indonesia,melestrikan lingkungan kelautan dan perikann dan membantu pertahanan nasional,"Ungkap Nya. (edy)