Kodim 0703/Cilacap Gelar Pemeriksaan dan Pembagian Kaca Mata Gratis

Redaksi Sabtu, 6 Januari 2018 16:23 WIB
125x ditampilkan Jakarta

CILACAP, -- Ratusan anak - anak dari sekolah SD, SMP dan Masyarakat di wilayah kota Cilacap, berada di SMK Bhina Bhakti Jalan MT. Haryono, kelurahan Sidakaya kecamatan Cilacap Selatan, untuk melakukan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis.

Dalam rangka Bhakti Sosial TNI Kodim 0703/Cilacap, Sabtu (06/01/2018), bekerjasama Oftalmologi Komunitas Fk. UGM Yogyakarta Yayasan Sosial Dan Pendidikan Taman Hidayah Cilacap menggelar bhakti sosial.

Dalam kesempatan tersebut Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian, mengatakan bahwa pemeriksaan mata secara gratis ini merupakan salah satu rangkaian acara kepedulian sosial terhadap masyarakat dalam rangka Bhakti Sosial TNI Kodim 0703/Cilacap.

“Sekitar 700 anak-anak SD, SMP dan Masyarakat dari Cilacap mengikuti pemeriksaan mata gratis hari ini. Kita selalu membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendaftar untuk memeriksa matanya,” tegas Mayor Inf Rofia

Apabila ada warga, lanjutnya, yang sudah diperiksa di sini dan merasa kurang puas, agar datang kembali untuk diperiksa. “Kita akan koordinasikan dengan tim medis dokter UGM untuk diperiksa kembali, apabila ada warga yang kurang puas, dan semua hal tersebut gratis tidak ada pungutan biaya." tegas dia. 


Dalam pemeriksaan tersebut, TNI juga melibatkan tenaga medis dokter dari Perdami DIY dan UGM Yogyakarta untuk bekerjasama membantu memeriksa kesehatan mata serta pembagian kaca mata gratis kepada warga Cilacap.

Saya harap dengan kegiatan Bhakti sosial ini dapat membantu menyukseskan program pembangunan kesehatan, dengan moto "Mata sehat wujudkan generasi Cerdas", yakni Cilacap Sehat,” kata kasdim Cilacap saat dikonfirmasi Pendim Cilacap.

Baksos ini meliputi pemeriksaan mata gratis kepada 700 anak-anak dan masyarakat. Serta pembagian kaca mata min kepada 300 orang dan pembagian kaca mata baca sebanyak 253 paket kepada anak-anak SD dan SMP yang ada di kota Cilacap.

Menurut tim dokter dari UGM dr. Melita, pembagian 700 kacamata itu bertujuan agar anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan bisa menjalani proses belajar dengan baik. Dia menilai penggunaan kacamata ini penting, karena gangguan fungsi penglihatan bisa berdampak terhadap produktivitas dan kualitas anak pelajar.

"Jangan sampai produktivitas dan kualitas mereka ini terhalang karena gangguan penglihatan. Dengan Bhakti Sosial Kodim 0703/Cilacap sangat membantu untuk para pelajar dari kendala penglihatan tersebut," terangnya. (Sty)