Kondisi Memperihatinkan Dinsos-P3A Sarankan Proses Belajar Mengajar Pindah 

Rahayu Ningsih Sabtu, 6 Januari 2018 15:13 WIB
48x ditampilkan Lingga

LINGGA  -  Kondisi memprihatinkan dialami warga dalam proses belajar di  Selat Kongky Desa Penaah, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepuauan Riau. 

Diterpa badai sejak tahun 2016 lalu, Balai tempat biasanya mereka belajar hingga saat ini belum ada perbaikan. 

Nurmadiah, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Lingga menyarankan agar anak suku laut pindah belajar ke Desa Penaah.

"Jarak tempuh dari Selat Kongky menuju Desa Penaah hanya dalam hitungan menit, jumlah anak usia sekolah per kelas ataupun pertingkat hanya dibawah 10 orang, jadi lebih efektiv anak-anak yang ada di Selat Kongky belajar di Desa Penaah saja," katanya kepada terkininews.com, Sabtu (06/01/2018).

Ia menambahkan, untuk tenaga pengajar yang ada di Desa Penaah boleh dibilang terpenuhi. Apalagi dengan jumlah murid yang terbilang sedikit.

"Dana Desa kan ada tersedia, buatlah kesepakatan bersama Pemerintah Desa dan warga, agar anak-anak yang ada di Selat Kongky dibawa saja ke sekolah yang ada di Desa Penaah, dengan dibuatkan rumah singgah dan ibu asuh untuk mengurus makan minum mereka," lanjutnya. 

Ia menyarankan agar Pemerintah Desa harus duduk bersama masyarakat membicarakan permasalahan pendidikan warga Suku Laut Selat Kongky dengan tegas agar dapat diselesaikan dan jika permasalahan tersebut terus dikeluhkan, hal tersebut akan tetap seperti itu.