Fenomena Langka, Lingga Akan Gelar Sholat Khusuf

Rahayu Selasa, 30 Januari 2018 14:42 WIB
140x ditampilkan Lingga

LINGGA - Pemerintah Kabupaten lingga akan melakukan sholat khusuf pada momen gerhana bulan total (GBT) yang akan dilaksanakan pada Rabu malam (31 Januari 2018).

Fenomena GBT ini cukup langka karena hanya terjadi setiap 152 tahun sekali. Saat fenomena GBT initerjadi, akan berlangsung secara bersamaan tiga peristiwa dimana bulan yang mengalami gerhana berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon.

Kepala Bagian Kesra Setda Lingga Akhmad Syukri mengatakan sholat khusuf nantinya akan di gelar di Masjid Sultan Kabupaten Lingga.

"Ia nanti di tanggal 31 malam kita akan adakan sholat Gerhana Bulan total, di Masjid Sultan, nantinya sholat tersebut tentunya diikuti oleh masyarakat sekitar, tokoh masyarakat, dan pengurus masjid" katanya kepada terkininews.com, Selasa (30/01/2018).

Selain mengimbau melaksanakan shalat GBT tersebut, ia juga mengimbau masyarakat agar melaksanakan zikir dan doa bersama.

"Selain kita sholat gerhana, maki kita  melaksanakan Tauziyah mengagumi kebesaran Allah," ujarnya.

Diperkirakan Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada Rabu 31 Januari 2018 mendatang diperkirakan mulai pukul 19.15, puncaknya terjadi pada pukul 20.29, dan berakhir pukul 22.11 WIB seperti release yang di dapatkan dari Kematian Agama Republik Indonesia.