Kemenag Lingga Ajak Masyarakat Banyak Berzikir dan Berdoa Pada Malam GBT

Rahayu Rabu, 31 Januari 2018 09:53 WIB
305x ditampilkan Lingga

LINGGA -  Kementerian Agama Kabupaten Lingga mengajak masyarakat Lingga untuk menyelenggarakan sholat dan berdoa saat Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang akan terjadi pada Rabu malam, 31 Januari 2018.

Edi Batara Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga mengatakan Fenomena GBT ini cukup langka karena hanya terjadi setiap 152 tahun sekali. 

Saat fenomena GBT ini terjadi, akan berlangsung secara bersamaan tiga peristiwa dimana bulan yang mengalami gerhana berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon, bloodmoon. 

Edi menyampaikan, dalam pelaksanaan sholat gerhana bulan bertempat di Masjid Sultan Lingga yang akan di imami oleh Ustad Awalin pimpinan Ponpes Hidayahtullah Lingga dan Ustad Badiul Hasani Ketua MUI Kabupaten Lingga sebagai Khatib. 

"Untuk tingkat kabupaten, insya allah akan kita laksanakan di masjid Sultan Lingga,  sementara petugasnya, sebagai imam adalah Bapak Kiyai  awalin sebagai pimpinan pondok Hidayahtullah, sementara khatibnya Bapak Kiyai Badiul Hasani ketua MUI Kabupaten Lingga," katanya kepada terkininews.com, Rabu (31/01/2018). 

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan sholat gerhana bulan ini merupakan sholat sunah muakat yang dilaksanakan sebanyak 2 Rakaat. 

"Sholat gerhana bulan tersiri 2 Rakaat, lebih utama di kerjakan Berjemaah, sholat gerhana terdiri dari 4 rukuk dan 4 sujud, jadi sholat gerhana itu ada 4 rukuk, 4 alfatihah dan 4 sujud," jelasnya 

Edi menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lingga untuk melaksanakan sholat gerhana, berzikir, memohon ampun kepada Allah SWT, bersedekah. 

"Kami atas nama Kemenag Kabupaten Lingga, karena ini fenomena sangat langka, mari kita lakukan bersama," ujarnya. 

Sebagai informasi gerhana bulan total tersebut akan terjadi pada Rabu malam pukul 18.48 WIB, dengan puncak gerhana pukul 19.48 WIB, dan di akhiri pukul 22.11 WIB.