KPPAD Lingga Berikan Trauma Healing Pada Korban Pelecehan

Rahayu Senin, 5 Februari 2018 13:46 WIB
358x ditampilkan Lingga

LINGGA - Terkait kasus pelecehan seksual yang terjadi pada minggu (04/02/2018). Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Lingga memberikan trauma healing kepada bocah korban pelecehan seksual di Kecamatan Lingga Timur.

Encik Afrizal Ketua KPPAD Lingga Mengatakan Trauma healing ini dilakukan guna mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis atau trauma yang dialami korban akibat perilaku pelecehan.

Ditambahkan, terkait kasus pelecehan seksual pada salah satu anak berinisial NH (11) yang baru duduk dibangku kelas V SD menjadi korban pencabulan oleh WD, sales penjual obat nyamuk keliling.

“Ketika ada ini, kasus ini kami pantau sampai selesai. Memastikan anak tersebut tetap bersekolah, psikologisnya kita pulihkan lagi jangan sampai menjadi trauma berkepanjangan,” katanya kepada terkininews.com, Senin (05/02/2018).

Tidak hanya memberikan trauma healing, KPPAD juga mengingatkan warga sekitar agar selalu waspada dan menjaga anak-anaknya yang masih di bawah umur.

"Meski baru pertama kasus pencabulan ditahun ini, namun jangan sampai dianggap mudah karena menyangkut masa depan," lanjutnya.

Ia menjelaskan Kasus pencabulan ini tidak hanya dilakukan oleh orang luar, bisa juga dilakukan oleh orang terdekat misal keluarga, kerabat.

Afrizal berharap pihak Desa membuat kegiatan sosialisasi terhadap kekerasan anak. Dan lebih meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan dini dengan predator seksual.

“Tentunya dengan kejadian ini membuat para korban sedih sehingga perlu adanya pendekatan emosional. Apalagi mereka masih di bawah umur,” ujarnya.

Ia juga berharap agar korban pelecehan seksual tersebut tetap semangat untuk meraih cita-citanya.