Subdenpom IV/1-1 Cilacap Gelar Pemeriksaan Randis Jajaran Kodim 0703/Cilacap

Redaksi Senin, 12 Februari 2018 12:21 WIB
117x ditampilkan Jakarta

CILACAP, -- Subdenpom IV/1-1 Cilacap menggelar pemeriksaan seluruh kendaraan dinas TNI dan pribadi baik roda dua maupun roda empat milik anggota TNI Kodim 0703/Cilacap beserta jajarannya.

Hal tersebut dilakukan usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera di halaman Makodim 0703/Cilacap Jln. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (12/02/2018). terkininews.com

Pengecekan kendaraan ini terlaksana dalam rangka untuk mensosialisasikan kegiatan Gaktib dan Yusdisi tahun 2018 serta guna mengantisipasi kelengkapan kendaraan TNI dan mendisiplinkan anggota TNI demi keamanan dan ketertiban anggota TNI didalam berkendaraan, dan untuk kegiatan Gaktib itu sendiri sudah dilaksanakan dan terpusat di Pomdam IV/Diponegoro pada tanggal 1 januari 2018 lalu.

Sesuai arahan dan penyampaian oleh Dansubdenpom IV/1-1 Cilacap Kapten CPM Ngali Murtondho bahwa, pengecekan kendaraan dinas maupun pribadi ini harus rutin dilaksanakan Subdenpom IV/1-1 Cilacap terhadap anggota TNI di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Subdenpom IV/1-1 Cilacap rutin melaksanakan pengecekan kendaraan khususnya bagi anggota Kodim 0703/Cilacap serta Satdisjan jajarannya guna mengecek kelengkapan kendaraan baik dinas maupun pribadi karena bulan depan kita rencananya akan melaksanakan razia atau Gaktib, sehingga apabila ada kelengkapan yang masih kurang bisa segera dilengkapi," Jelas Kapten Ngali Murtondho

Lanjut menurutnya, bahwa Jajaran TNI harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dan pengecekan hari ini merupakan salah satu cara mendisiplinkan anggota TNI terkhusus dalam kelengkapan kendaraan.

Pengecekan ini meliputi pemeriksaan kelengkapan surat menyurat baik SIM, STNK maupun surat jalan bulanan serta pemeriksaan fisik kendaraan dan pengecekan ini sudah seijin Dandim 0703/Cilacap." Ujarnya.

Kegiatan tersebut disaksikan Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian dan Pasi Intel Kapten CPM Samanhudi serta anggota Provost Kodim.

Menurut Kasdim, kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan anggota guna mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas khususnya di lingkungan TNI.

"Pemeriksaan kelengkapan kendaraan ini penting dilakukan agar para pengendara kendaraan dinas maupun pribadi nyaman dijalan sehingga hal ini dapat mengurangi angka pelanggaran dan lakalalin di lingkungan TNI." terang Kasdim

Dari 61 kendaraan baik dinas maupun pribadi tidak diketemukan adanya pelanggaran atau kekurangan kelengkapan kendaraan baik surat menyurat namun ada beberapa kekurangan pada fisik kendaraan seperti halnya spion, lampu dan juga ban yang sudah mulai menggundul. 

Pada pengecekan kali ini belum sepenuhnya diikuti oleh anggota Kodim 0703/Cilacap dikarenakan ada kegiatan lain selain dinas dalam namun harapannya kedepan untuk semua kelengkapan kendaraan anggota TNI di wilayah Kabupaten Cilacap lengkap. (Sty/*)