Bertambah Lagi Dosen STIE Nobel Peraih Doktor Akuntansi di Unibraw

Redaksi Rabu, 28 Maret 2018 17:51 WIB
76x ditampilkan Pendidikan

MALANG, -- Dosen STIE Nobel Indonesia, Dr Sylvia Sjarlis Ilyas, SE, M.Ak berhasil meraih Gelar Doktor dalam bidang Ilmu Akuntansi di FEB Universitas Brawijaya Malang dan mempertahankan disertasinya yang berjudul akuntansi pemerintahan partisipatori sebagai jalan untuk memenangkan kepentingan publik.

Kemampuan tersebut dipaparkan dihadapan dewan penguji Prof.Eko Ganis Sukoharso, PhD, Yeney Widya P, SE, Ak, MSA, DBA, Dr.Roekhudin, SE, M.Si, Ak, Prof.Iwan Triyono, SE, M.Ec, Ak, Ph.D, Prof.Gugus Irianto, SE, M.Si, Ak, Ph.D dan Dr Erwin Saraswati, CPMA, CSRA, Ak. Rabu, (28/3/2018). dikampus Universitas Brawijaya Malang, 

Dosen yang sekaligus ketua Stie Nobel Malang, Dr. Mashur Razak SE, MM mengatakan bahwa simpulan dan temuan penelitian antara lain bahwa perubahan akuntansi pemerintahan dimaknai sebagai perubahan cara menyusun laporan keuangan.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut pemerintah menyiapkan perangkat dan sistem komputer untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Tandas Dr. Mashur Razak. 

Namun perubahan akuntansi pemerintahan tidak membawa perbaikan integritas dan etika ASN sebagaimana yang diharapkan. Lanjut dia.

Temuan lain menunjukkan fenomena akuntansi monolog yaitu mereduksi akuntanai menjadi sekedar alat namun tidak digunakan untuk memperjuangkan kepentingam publik serta minimnya keterlibatan publik.

Oleh sebab itu hasil penelitia Dr Sylvia menyarankan rekinatruksi dilakukan dengan menjalankan akuntansi dialogos dengan bingkai nilai nilai kemanusiaan, kejujuran dan keadilan. 

Nilai nilai tersebut diturunkan dari pengakuan kepemilikan mutlak ada pada Allah. Hasil rekonstruksi didapatkan adalah Akuntansi pemerintahan Partisipatori-Emansipatori (APPE). Tambahnya

Dengan selesainya Dr Sylvia, SE, M.Ak telah menambah jumlah dosen STIE Nobel dengan kualifikasi Doktor (S3) menjadi 15 orang. Selain itu saat ini terdapat kurang lebih  6 orang dosen yang sedang mengikuti Program Doktor dalam bidang manajemen di berbagai perguruan Tinggi di Indonesia. Ditergetkan paling lambat tahun 2020 Dosen STIE Nobel Indonesia berkualifikasi Doktor mencapai 20 orang. 

Untuk mewujudkan Visi STIE Nobel Indonesia dalam mencetak sarjana manajemen  dan akuntansi yang memiliki kompetenai entrepreneur dan berwawasan global, STIE Nobel Indonesia mendorong semua tenaga pendidik untuk melanjutkan studi pada jenjang S3 di dalam maupun di luar negeri. (*)