Duta SMA Negeri 1 Sape Peringkat Terbaik OSN Bima

Redaksi Senin, 2 April 2018 17:58 WIB
495x ditampilkan Pendidikan

BIMA, -- Kabar menggembirakan bagi SMA Negeri 1 Sape yang tahun ini dapat keluar sebagai duta SMA Negeri 1 Sape dengan prestasi juara 1 pada mata pelajaran matematika, biologi dan astronomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) kab Bima.

Sebuah prestasi akademik duta SMA Negeri 1 sape mendapatkan peringkat terbaik ke-2, Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Bima tahun 2017/2018.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Sape, Jon Hermansyah, S. Pd, M. Pd, mengatakan bahwa semoga kedepannya  dapat lebih sukses menuju jenjang Olimpiade (OSN) yang lebih tinggi di  tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2017/2018

"Prestasi tersebut bukanlah prestasi klaim individu semata, melainkan prestasi SMA Negeri 1 Sape sebagai institusi" tandas Jon Hermansyah Senin (02/4/2018) terkininews.com

Kata pak Jon sebagai kepala SMA Negeri 1 Sape bersyukur kepada Allah Ta’ala dan  mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi pada semua pihak, khususnya bagi peserta olimpiade dan  guru pembina yang bekerja ekstra dan memang sengaja “digenjot” sebagai duta yang membawa harum nama SMA Negeri 1 Sape ke level yang lebih tinggi dan lebih kompetitif. Tambahnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

“Insya Allah, bersama seluruh komponen yang ada, SMA Negeri 1 Sape sebagai lembaga, akan bermetamorfosis” guna merubah pola pembinaan peserta didik dari paradigma berpikir pragmatif dan kondisional, kearah yang lebih baik yaitu paradigma berfikir yang visioner dan progresif dengan pola pembinaan yang berkesinambungan sejak awal tahun dan dilakukan dengan komprehensif dan melalui perencanaan strategis yang matang dan aplikatif.

Lanjut menurutnya bahwa indikator peningkatan prestasi signifikan yang diperoleh peserta didik utusan SMA Negeri 1 Sape dalam kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Bima 2017/2018 dapat dilihat dari dari segi kwalitas dan kwantintas.

Dari segi kwalitas terdapat peningkatan peringkat khususnya dalam mata pelajaran biologi, karena OSN tahun 2016/2017 tidak berhasil lolos sama sekali, Alhamdulillah OSN tahun ini mendapatkan Juara 1 pada mata pelajaran Biologi atas nama Natasya Febrianty.

Jon hermansyah kembali menjelaskan bahwa peningkatan prestasi juga diperoleh pada mata pelajaran Matematika dan Astronomi, karena tahun lalu kedua mata pelajaran tersebut hanya mendapat peringkat juara 2 OSN tingkat Kabupaten, alhamdulillah tahun ini mendapatkan hasil menggembirakan, yaitu  juara 1 mata pelajaran Matematika  atas nama sdri Tiara Indah Pratiwi dan Juara 1 pada mata pelajaran Astronomi atas nama sdra Israil. 

Demikian pula yang terjadi pada Olimpiade Sains mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kimia, karena OSN tahun 2016/2017  tidak berhasil lolos sama sekali, Alhamdulillah OSN tahun ini masing-masing  mendapatkan juara 2 mata pelajaran TIK  atas nama Muhammad Imam dan juara 2 mata pelajaran  Kimia atas nama  sdra Agus Setiawan jelas kasek.

Dari segi kuantitas terdapat peningkatan partisipasi peserta OSN yang signifikan, dari tingkat partisipasi dan jumlah  peserta OSN tahun 2016/2017 yang lolos menuju OSN Tingkat Provinsi sebanyak 4 (empat) Peserta dan Mata Pelajaran, alhamdulillah meningkat  pada tahun 2017/2018 menjadi 5 (lima) peserta dan 5 (lima) mata pelajaran. Ungkap nya. (Edy/*)