BPK dan USAID Gelar Roadshow Festival Film Kawal Harta Negara di Makassar

Adhie Selasa, 8 Mei 2018 13:06 WIB
111x ditampilkan Headline Makassar

MAKASSAR, -- Setelah sukses melaksanakan festival film kawal harta negara (FFKHN) tahun 2017, Badan Pemeriksa Meuangan Republik Indonesia (BPK) bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID)-CEGAH kembali menggelar rangkaian roadshow Festival Film Harta Negara (FFKHN) untuk yang kedua kalinya. 

Sebelumnya peluncuran festival film sudah berlangsung di Jakana pada 24 April 2018 dan mendapat respon positif dari masyarakat.
Pada hari ini (7/5/2018), kegiatan roadshow FFKHN 2018 digelar dikantor BPK Perwakilan Prosinsi Sulawesi Selatan, di Makassar. 

Kegiatan roadshow ini merupakan ke 4 dari keseluruhan rangkaian roadshow yang dilaksanakan di 6 kota yakni Aceh, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Bandung, dan Ambon.

Roadshow di Makassar dibuka oleh Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK, Dori Santosa, dan dihadiri oleh Program Manager USAID-CEGAH, Ary Nugroho, serta peserta festival dari kalangan pelajar, mahasiswa.

Acara roadshow juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti Talkshow tentang BPK dengan narasumber Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengembangan Pemeriksaan Kinerja, Ikhtaria Syaziah, workshop film dengan sineas Naya Anindita (sutradara film Berangkat, Sundul Gan), serta workshop mengenai pembuatan video Citizen Journalism bersama Thomas Herda (Senior Producer NET TV).

Pada Film Kawal Harta Negara 2018, sejumlah kategori yang dikompetisikan antara lain film fiksi, film dokumenter, dan video jurnalisme warga (citizen journalism). Seluruh kategori ini terbuka untuk pelajar dan umun€mahasiswa. Pengiriman karya peserta dimulai pada 24 April 2018 dan ditutup pada 31 Juli 2018. terkininews.com

"Yang membedakan Festival Film 2018 dengan 2017, pertama adalah cakupan lokasi yaitu tahun ini roadshow dilakukan di enam kota. Kota-kota ini merupakan daerah yang potensial untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam bidang pengawasan maupun pemeriksaan yang dapat membantu kerja BPK RI. Daerah-daerah tersebut juga merupakan daerah prioritas dari program USAID-CEGAH untuk peningkatan pelayanan publik dan akuntabilitas," papar Auditor Utama KN VI BPK dalam sambutannya.

Selain kompetisi film, Festival Film Kawal Harta Negara 2018 juga menggelar kompetisi ide cerita film dari kategori yang ada.

Peserta yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk dukungan dana produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfilman Indonesia, sekaligus diikutsertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2018.

Dari kegiatan di setiap kota roadshow. akan terpilih dua orang dengan ide cerita terbaik kategori fiksi dan dokumenter untuk kemudian didampingi dan didukung dalam proses pembuatan karyanya.

Roadshow seianjutnya dari Festival Film Kawai Harta Negara 2018 ini akan digelar di Bandung, dan Ambon, para pemenang akan diumumkan di acara Awarding Sight pada September 2018, Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses di Biro Humas dan Kerja Sama Internasional (*)