Tebang Pilih, Satpol PP Kendari Bongkar Bangunan Rumah Liar

Darman Jumat, 1 Juni 2018 17:27 WIB
199x ditampilkan Kendari

KENDARI, -- Pembongkaran bangunan liar yang dilakukan oleh satuan polisi pamong praja kota Kendari, dinilai pilih kasih.

Pasalnya Kasat Satpol PP Kota Kendari, Amir Hasan, tidak melakukan Eksekusi atas surat teguran Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, dengan Nomor 648/03/TIM II/XII/2017 tanggal 20/12/2017. Perihal pemberhentian kegiatan pembangunan ruko yang terletak di jalan Brigjen M. Yoenoes, kelurahan korumboa kecamatan Mandonga kota Kendari.

Dalam edaran surat tersebut, bangunan ruko diduga telah melanggar Perda No.1 tahun 2012 tentang RTRW Kota Kendari tahun 2010-2030, dan melanggar Perda No. 1 tahun 2013 tentang retribusi izin mendirikan bangunan (IMB)

Ketua MPW Pemuda Pancasila Kota Kendari. Abdul Hasan Mbou, mengatakan pembongkaran bangunan yang dilakukan oleh Satpol PP Kendari dinilai pilih kasih sebab ada bangunan yang sama telah melanggar atau tidak memiliki IMB, namun dibiarkan saja tanpa ada penindakan pengusuran. Tegasnya

Senada dengan hal tersebut, M. Ilyas Iddas pemilik bangunan, mengatakan bahwa dirinya sudah membuat surat pernyataan untuk menghentikan aktivitas pembangunan dan membongkar sendiri bangunan tersebut, bahkan surat ditanda tangani dikantor Saptol PP kota Kendari dan dihadapan Kasatpol. Amir Hasan. Ucapnya

"Ada apa, Kasat Pol PP, melakukan pembiaran adanya bangunan begitu saja terbangun hingga rampung pekerjaannya tanpa ada penindakan pembongkaran padahal bangun tersebut tidak memiliki IMB. Kecam Abdul Hasan Mbou.

Abdul Hasan Mbou juga mengungkapkan, bahwa sudah melakukan komunikasi dengan Kasat Pol PP, Amir Hasan, namun berdalih upaya pembongkaran itu harus sesuai protap.

Berdasarkan pemantauan terkininews.com, Jum'at (1/6/2018). bangunan tersebut masih berdiri tegak dan aktivitas pekerjaan bangunan tetap berlangsung.

Lanjutnya, bahkan tanah yang ditempati bangunan tersebut, dalam perkara sengketa karena memiliki dokumen palsu dan sementara dalam proses penyelidikan kepolisian Polda Sultra. Pungkasnya mantan anggota DPRD Sultra.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun media terkininews.com, bahwa Satpol PP sudah melakukan kegiatan perobohan pada bagian teras bangunan tetapi tidak merata secara keseluruhan badan bangunan.

Sementara itu terkininews.com, saat ini telah berupaya melakukan konfirmasi melalui Whatshapnya namun Kasat Pol PP. Amir Hasan, diam dan enggan memberi komentar hingga berita ini ditayangkan. (*)