Pengungsi Palestina Sambut Gembira Program Ramadan Project 1439 H KNRP

Redaksi Kamis, 21 Juni 2018 11:31 WIB
49x ditampilkan Headline Internasional

ISTANBUL  (TURKI) - Melalui program Ramadan Project 1439 Hijriah, delapan orang tim KNRP yang terdiri empat orang perwakilan KNRP wilayah dan empat perwakilan dari pusat menyalurkan bantuan ke wilayah pengungsian warga Palestina pada 9 Juni hingga 16 Juni 2018 di Gaza dan Wilayah Pengungsian Turki Selatan.

Hal itu seperti yang disampaikan Raja Dachroni, Sekretaris Wilayah KNRP Kepri yang juga turut berangkat dalam program tersebut. 

Menurutnya,  dua orang berangkat ke jalur gaza yakni Suripto sementara enam orangnya ke wilayah pengungsian di beberapa provinsi di wilayah Turki Selatan. 

"Ramadan Project adalah program rutin tahunan dan kita kali ini menurunkan dua tim untuk menyampaikan amanah donatur di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan sekaligus `berlebaran bersama pengungsi Palestina, ini tentu pengalaman yang sangat berharga bagi kami karena bisa berpuasa bersama pengungsi serta berlebaran bersama mereka, kebetulan saya masuk di tim enam penyaluran di wilayah Turki Selatan, " kata Dachroni.

Dalam proyek Ramadan tersebut ada banyak program yang kami lakukan diantaranya buka puasa bersama, pembagian Sembako,  baju lebaran dan santunan untuk anak-anak penghafal Alquran.

"Kita menyalurkan bantuan di Bulan Ramadan agar bantuan umat berlipat ganda keberkahan karena bulan Ramadan adalah bulan keberkahan dan dilipatgandakan pahala sedekah," kata Dachroni.

Ditambahkan oleh Azhar Suhaimi Ketua Rombongan melalui Ketua Bidang Humas KNRP Zakaria M Alif Penyaluran bertemakan Ramadhan Projects 1439 H pertama dilakukan di salah satu pemukiman pengungsian Palestina di Kilis, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi keluarga-keluarga yang sangat miskin. Salah satunya keluarga yang anaknya terkena bom kimia assad di Kamp Yarmouk, Suriah sekitar 2013.

"Tim Kemanusiaan KNRP telah tiba untuk menyalurkan paket sembako untuk 500 keluarga miskin pengungsi Palestina. Di hari terakhir puasa, tim Kemanusiaan turut ikut buka puasa ada bersama 500 keluarga beserta anak yatim dan dhu’afa," ujar Ketua Bidang Penyaluran KNRP, Azhar Suhaimi melalui pesan singkat dari Istanbul, Sabtu (16/6/2018).

Tim Kemanusiaan juga ke pusat perbelanjaan guna menyiapkan pakaian lebaran bagi anak-anak yatim dan dhuafa pengungsi Palestina di Kilis dan Gaziantep, pada hari kedua, Kamis (14/6/2018). Tim Kemanusiaan KNRP bergerak menuju Kota Karahmanmaras, masih di wilayah Gaziantep, selatan Turki. Tim melakukan penyerahan bantuan kemanusiaan berupa Paket Sembako untuk pengungsi Palestina di wilayah tersebut.

"Pada hari kedua, penerima manfaat dari Ramadhan Projects ada sekitar 200 keluarga. Sementara untuk paket pakaian lebaran ada sekitar 100 keluarga yang terdiri dari anak-anak yatim dan dhu’afa," tambah Azhar.

Di Hari Ketiga, Jum’at (15/6/2018) Tim Kemanusiaan KNRP melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri dan setelahnya menuju pengungsi Palestina di Beylikduzu, Esenyurt, Istanbul, Turki. Tim Kemanusiaan KNRP turut merayakan hari raya bersama yatim dan dhu’afa pengungsi Palestina di wilayah Esenyurt, Istanbul.

"Para pengungsi menitipkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas kepedulian masyarakat Indonesia. Terima kasih turut berbagi kebahagiaan bersama para pengungsi Palestina di Hari Raya nan Fitri," tutup Azhar di akhir pesannya.