Turki Akan Gelar Pilpres Besok

Redaksi Sabtu, 23 Juni 2018 10:20 WIB
66x ditampilkan Headline Internasional

ISTANBUL - akan menggelar pemilihan presiden dan parlemen pada Minggu (24/6) mendatang. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, akan ditantang lima kandidat lainnya dalam pemilu kali ini.

Seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (22/6/2018), ada 56.322.632 pemilih terdaftar dalam pemilu Turki tahun ini. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke berbagai wilayah Turki. Pemungutan suara akan dimulai pada Minggu (24/6) pagi, sekitar pukul 09.00 waktu setempat hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Para pemilih yang ingin menggunakan hak suaranya harus menunjukkan kartu identitas atau dokumen identifikasi lainnya. Para pemilih dilarang masuk ke bilik suara sambil membawa kamera atau telepon genggam.
 

Nantinya, para pemilih akan memilih pada dua surat suara terpisah dalam amplop yang sama, satu untuk presiden dan satu lagi untuk parlemen. Begitu pemungutan suara berakhir, surat suara untuk kandidat presiden yang akan dihitung lebih dulu. 

Mahkamah Tinggi Pemilu Turki (YSK) mengumumkan ada delapan partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu parlemen kali ini. Delapan partai itu terdiri atas Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Demokratik Rakyat (HDP), Partai Free Cause (Huda-Par), Partai Good (IYI), Partai Pergerakan Nasionalis (MHP), Partai Felicity (Saadet) dan Partai Patriotik (Vatan). Empat partai terakhir baru saja terbentuk. 

Dalam pemilu kali ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah Turki, partai-partai politik bisa membentuk aliansi dalam pemilu. AKP yang menaungi Erdogan telah berkoalisi dengan MHP dalam aliansi bernama Aliansi Rakyat. Sedangkan CHP, IYI dan Saadet membentuk Aliansi Bangsa. (detik.com)