Beruntung Kebakaran Hutan Pendidikan dan Latihan Bengo Unhas Cepat Tertangani

Adhie Selasa, 28 Agustus 2018 15:28 WIB
33x ditampilkan Daerah

MAROS, -- Kebakaran areal penggunaan lain di dusun jambua lima poccoe kecamatan cendrana Maros kembali terjadi kebakaran di kawasan Hutan Pendidikan dan Latihan Bengo UNHAS 

Beruntung Manggala Agni Non Daops TN. Bantimurung Bulusaraung cepatt menerima laporan kejadian kebakaran hutan di Hutan Diklat Unhas Dusun Bengo Desa Lima Poccoe Kec. 
Cenrana Kab. Maros yang diteruskan ke Markas Manggala Agni Daops Gowa.

Menurut Ishak Andi Kunna bahwa informasi kebakaran hutan diterima dari masyarakat oleh personil Manggala Agni Non Daops yang melakukan posko di SPTN Wil.2 Camba yang segera melakukan size up penilaian dini situasi dan kondisi kebakaran hutan di lokasi terbakar.

Dengan titik koordinat yang sebagai laporan terlapir kepada personil Manggala Agni Daops gowa. Selasa (28/8/2018) terkininews.com, bahwa kebakaran di titik Kordinat LS. -4,58’58,92” BT. 119,46’22,39” dan berstatus kawasan Hutan Pendidikan dan Latihan Bengo UNHAS segera ditindak lanjuti dengan cepat.

"Beruntung ada pengalaman pada kebakaran lalu, personil Manggala Agni sigap menyiapkan peralatan yang dibutuhkan pada area sulit dan jauhnya jarak tempuh ke lokasi tersebut dan alhasil kebakaran pada permukaan/lantai dapat ditangani dengan cepat sebelum merambah luas dengan fasilitas alat pemadaman yang sesuai kondisi." Tandas Ishak selaku Ka, daops 

Selain personil Manggala Agni kebakaran tersebut juga melibatkan unsur Polhut KPH Bulusarang, anggota Koramil dan Polsek Camba, pemuda karang taruna, petugas Damkar Maros, mahasiswa fakultas kehutanan UNHAS, dan masyarakat setempat. Terangnya.

Adapun sebagai laporan saat ini bahwa lokasi kebakaran di dusun Bengo, desa Limapoccoe kecamatan Cenrana Maros dengan kordinat lokasi - 4 58’ 58,9” - 9 46’ 22,39” pada kemiringan topografi 45-75 % dan ketinggian 567 Mdpl tersebut adalah Hutan Lindung.

Vegetasi yang terbakar juga berupa tegakan Pinus Merkusii, semak belukar dan serasah dengan tipe kebakaran lantai atau permukaan yang diketahui luas areal yang terbakar ± 2 hektar. Papar personil Manggala Agni Daops Gowa. (*)