PMI Makassar Berangkatkan Relawan Ke Lokasi Gempa Donggala

Diterbitkan oleh Admin pada Sabtu, 29 September 2018 18:33 WIB dengan kategori Headline Makassar dan sudah 779 kali ditampilkan

MAKASSAR, -- PMI Kota Makassar yang telah mensiagakan 50 orang relawan untuk diberangkatkan ke Lokasi yang terdampak Gempa Donggala Palu Sulawesi Tengah

Tahap awal, pemberangkatan sebanyak 12 Relawan PMI kota Makassar dengan menggunakan 1 Unit Armada Ambulance, dan sekaligus mengawal pengiriman 1 Unit Armada Mobil Hyglun dengan dukungan dari PMI Pusat melalui Gudang Regional PMI di Makassar.

Relawan yang di utus berangkat pada tahap awal ini memiliki Spesialis di Bidang Assesment & Pendataan, Perawat, Pertolongan Pertama & Evakuasi, Shalter serta Posko. 

PMI Kota Makassar juga menyiagakan personil unit transfusi darah (UTD) PMI kota Makassar guna mengantisipasi permintaan darah dari PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan juga menyiapkan personil tenaga donor apabila sewaktu-waktu siap di Mobilisasi ke lokasi jika dibutuhkan.

Menurut Sekretaris PMI Kota Makassar, Nur Salam AS selaku pengarah operasi tanggap darurat bencana saat di temui usai melepas pemberangkatan relawan ke lokasi bencana menuturkan bahwa misi kemanusiaan ini atas arahan & instruksi dari ketua PMI kota Makassar, Syamsu Rizal MI.

Sesaat setelah mendengar berita gempa dan Tsunami di Palu & Donggala, ketua PMI kota Makassar segera mengarahkan dan menginstuksikan kepada saya via telephon dan WhatsApp, untuk segera merespon kejadian tersebut. Kata Salam

"Karena ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab PMI, maka harus segera di respon dan ditindaklanjuti". Tutur Bang Salam sambil meniru gaya berbahasa Deng Ical via telephone.

Kami telah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan PMI Pusat memberikan tanggung jawab kepada PMI Makassar sebagai Koordinator Tim Relawan PMI pada Operasi Tanggap Darurat Bencana (Ops TDB) Gempa & Tsunami Palu & Donggala.

Sebagaimana diketahui, pada Ops TDB ini, juga bergabung relawan PMI kab. Luwu, Relawan PMI kota Palopo, Relawan PMI kab. Luwu Utara, dan Relawan PMI Kab. Luwu Timur, serta akan menyusul Relawan PMI dari Kab/Kota lainnya

Dari data dan informasi yang diperoleh PMI dan UTD setempat (Sul-Teng - Red) juga terkena dampak akibat Gempa 

Untuk langkah berikutnya yang aka dilakukan oleh PMI Kota Makassar adalah mengidentifikasi & menyiagakan relawan terlatihnya guna sewaktu-waktu siap di mobilisasi pada tahap pemberangkatan berikutnya, serta mengaktifkan oosko tanggap darurat bencana. (*)