Pemkab Bintan Terapkan Penggunaan Tapping Box

Ronny Ahad, 2 Desember 2018 22:10 WIB
91x ditampilkan Bintan Headline

BINTAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan segera menerapkan sistim tapping box pada subjek pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan guna mengoptimalkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi. Hal tersebut dilakukan usai Monitoring dan Evaluasi Optimalisasi Penerimaan Daerah Dan Penerapan Tapping Box oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan Bersama Kasatgas Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera Bapak Adlinsyah M.Nasution serta Sejumlah Wajib Pajak yang hadir di Nirwana Garden Hotel, Lagoi, Kamis (29/11) siang.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa penerapan tapping box guna  mengoptimalkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah, yang akan mulai diterapkan pada sejumlah hotel, restoran dan tempat usaha lainnya.

Menurutnya, penggunaan tapping box juga, sesuai dengan arahan dan saran KPK terhadap data objek dan subjek pajak dan Retribusi Daerah untuk penentuan besaran pajak dan retribusi daerah yang terhitung sampai dengan kegiatan penagihan pajak dan Retribusi kepada wajib pajak serta pengawasan penyetorannya.

" Tentunya kita sangat menyambut baik, dimana menerapkan sistim tapping box pada subjek pajak tertentu dapat  mengoptimalkan pendapatan yang bersumber dari pajak dan Retribusi Daerah. Apalagi untuk, pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan menyumbang angka 50% lebih dari PAD Pemkab Bintan " ujarnya

Kasatgas Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera Bapak Adlinsyah M.Nasution mengatakan bahwa pemasangan Tapping Box akan meningkatkan pendapatan asli daerah. Sistem yang diterapkan juga tidak rumit. Wajib pajak akan menerima alat Tapping Box secara gratis melalui Bank Kepri.

" Sistemnya seluruh wajib pajak hotel, restoran, parkir dan hiburan akan dipasang mesin Tapping Box " ujarnya