Desa Berlistrik di Dumai Sudah Mencapai 100 Persen

Admin Senin, 24 Desember 2018 06:13 WIB
199x ditampilkan Headline Pekanbaru

PEKANBARU, RIAU -PLN bersama Pemerintah Kota Dumai meresmikan 100% Desa Berlistrik Kota Dumai di Halaman Walikota Dumai Sabtu (22/12/18).  Desa terakhir yang dinyalakan oleh PLN yaitu Desa Batu Teritip kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai Provinsi Riau. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra, beserta FORKOMPIMDA Dumai, ASN Dumai dan masyarakat kota Dumai.

“Alhamdulillah, kini bertambah satu kota di Riau yang 100% Desanya telah dilistriki oleh PLN," ujar M. Irwansyah Putra.

 Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti 100% Desa Berlistrik PLN membuat Rasio Desa Berlistrik di Riau bertambah.

“Dengan bertambahnya ini, Rasio Desa Berlistrik meningkat menjadi 94,03% dengan jumlah desa yang belum berlistrik ada 111 Desa lagi dari 1859 Desa yang ada di Riau” kata Irwansyah.

Sebagai tambahan, dalam melistriki desa terakhir di Kota Dumai, PLN membangun banyak infastruktur kelistrikan untuk menunjang listrik ke rumah-rumah warga. 
“Dibutuhkan panjang Jaringan Tegangan Menengah 22,10 KMS dan 6 buah Trafo Distribusi dengan total daya 720 kVA dengan biaya investasi sebesar Rp 12,39 M untuk melistriki Desa Batu Teritip” tambah Irwansyah.

Sebelumnya, PLN telah meresmikan 100% Desa Berlistrik PLN yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi pada 19 Desember 2018 lalu.

Atas usaha PLN melistriki desa ini, Walikota Dumai sangat mengapresiasi. Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada PLN karena memenuhi permintaan masyarakat selama ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PLN selama ini karena terus bekerja keras demi masyarakat dapat menikmati listrik yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat” ujar Eko.*(riauterkini/H-we)