KBRI Dar es Salaam Gelar Musyawarah Mengoptimalkan Peran WNI Untuk Diplomasi RI di Tanzania

Admin Sabtu, 19 Januari 2019 13:04 WIB
148x ditampilkan Headline Nasional

terkininews.com - Mengawali tahun 2019, pada Januari 2019 KBRI-Dar es Salaam mengadakan acara silaturahim dengan Masyarakat Indonesia dan anggota TAIFA (Persatuan Persahabatan Indonesia Tanzania) di Wisma Duta Besar RI.

Acara silaturahim ini selain diadakan sebagai acara buka tahun, juga digunakan untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2019, sosialisasi terkait pengembangan layanan kekonsuleran, serta menjadi forum musyawarah terkait dengan kegiatan besar KBRI Dar es Salaam sepanjang tahun 2019 yang akan digunakan oleh WNI.

Acara ini juga telah dihadiri sekitar 50 masyarakat Indonesia, staf KBRI Dar es Salaam dan anggota Taifa yang bernama Mahmoud Ali Mussa. Sabtu (19/1/2019) terkininews.com

Acara diawali dengan sambutan Dubes RI-Dar es Salaam, Prof. Dr. Ratlan Pardede yang memaparkan kemenangan - meraih KBRI Dar es Salaam dalam segi ekonomi, kekonsuleran, penerangan sosial dan budaya dan kebijakan politik dengan program kegiatan 2019 yang akan dilakukan WNI dan Tanzania Indonesia Asosiasi Persahabatan (TAIFA).

Selain itu juga mengundang semua staf KBRI Dar es Salaam dan seluruh masyarakat Indonesia di Dar es Salaam untuk memfasilitasi aktif dalam PEMILU 2019 dan kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2019.

Salah satu Masyarakat Indonesia, Ibu Alfa yang telah tinggal 7 tahun di Tanzania memutuskan untuk memberikan sambutan serta pesannya terhadap pelayanan KBRI Dar es Salaam.

Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kbri Dar es Salaam sangat terbuka terhadap seluruh WNI di Dar es Salaam dan cepat tanggap dalam memberikan pelayanan. Selain itu pelaksana fungsi ekonomi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan pemaparan terkait sosialisasi PEMILU 2019.

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh anggota TAIFA, Mahmoud. Ia adalah seorang alumni Pascasarjana Universitas Padjajaran (2015 - 2018) jurusan ekonomi yang menyampaikan sambutan dengan bahasa Indonesia, mengucapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia sehingga ia dapat mengenyam ilmu di Indonesia.

Selain itu Pelaksana fungsi Protokol Konsuler dan Pensosbud, juga turut menyampaikan pemaparan terkait konsuler dan acara - acara yang akan diselenggarakan oleh KBRI Dar es Salaam. Pada Tahun 2019, KBRI Dar es Salaam telah mengagendakan sejumlah program besar dan baru yang membutuhkan partisipasi WNI, yaitu Indonesian Cultural Day, kursus bahasa Indonesia dan berbagai macam kegitan lainnya.

Acara silaturahmi juga ditutup dengan foto bersama seluruh tamu undangan dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan siang bersama dengan menu masakan indonesia sebagai obat kangen atas cita rasa masakan Indonesia bagi semua yang hadir. Pada acara silaturahmi kali ini terdapat menu spesial khas Sumatra Utara yaitu mie gomak lengkap dengan sayur labusiam dan suguhan khas Indonesia lainnya seperti ayam sambal hijau, rendang, tumis buncis dengan udang rebon, risoles, es buah dll.

KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral yang saling menguntungkan antara Indonesia dan negara akreditasi, yaitu Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Uni Komoro.