Forum Media Nepal Untuk Jurnalisme Perdamaian Segara di Helat HWPL

Adhie Senin, 21 Januari 2019 10:06 WIB
291x ditampilkan Liputan Khusus Internasional Nasional

Nepal, -- Forum Media Nepal Pertama untuk Jurnalisme Perdamaian rencana akan diadakan di Katmandu pada 19 Januari 2019 bersama media yang bertanggung jawab dalam pembangunan perdamaian.

Sebuah forum perdamaian media Nepal yang pertama dan bertemakan “Forum Media Suara Pers di Nepal untuk Jurnalisme Perdamaian" (PI) Prakarsa Perdamaian” dengan partisipasi 18 jurnalis Nepal di Katmandu, Nepal.

Forum ini juga diselenggarakan oleh departemen hubungan masyarakat Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Cahaya (HWPL), sebuah LSM perdamaian internasional yang terdaftar di UN ECOSOC dan UN DPI, bekerja sama dengan wartawan Nepal.

Forum tersebut termasuk pengenalan HWPL dengan 3 inisiatif perdamaian yang utamanya tertuju pada Hukum Internasional untuk Perdamaian, Dialog Antaragama, dan Pendidikan Perdamaian serta Presentasi tentang jurnalisme perdamaian oleh 5 jurnalis Nepal dan Diskusi tentang cara untuk berpartisipasi dalam mempromosikan Prakarsa Perdamaian (PI) di Nepal.

Kepala Produser Eksekutif Janata Television, Deependra Bikram Tamang, kepada terkininews.com. Senin (21/1/2019) mengatakan bahwa perdamaian adalah persyaratan mendasar bagi setiap negara.

HWPL telah bekerja untuk membuat undang-undang hukum internasional untuk perdamaian - DPCW (Deklarasi Perdamaian dan Penghentian perang) - untuk perdamaian dunia dan menyerahkannya ke PBB untuk menjadikannya sebagai bentuk yang mengikat secara hukum. Terang dia

"Sekarang adalah tanggung jawab media untuk menciptakan lingkungan untuk menerapkan hukum perdamaian dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan perdamaian." tandasnya

Diprakarsai dengan tujuan berbagi berita perdamaian tanpa represi untuk menumbuhkan budaya perdamaian dan nilai hak asasi manusia di seluruh dunia, Peace Initiative (PI.) secara resmi diluncurkan September lalu.

Ini menyediakan platform di mana jurnalis global yang mencari nilai perdamaian dapat membangun ikatan yang lebih kuat di luar batas, ras, dan agama.

Sementara itu Laxman D. Pant, Track Nepal dari Aksi Media Nepal, mengatakan, Media memiliki peran besar untuk menyebarkan perdamaian, mengecam perang. Mereka adalah pembawa pesan perdamaian yang sebenarnya. 

Dirinya menambahkan bahwa berita negatif cenderung dilaporkan secara lebih menonjol daripada yang positif di Nepal. Tapi PI menyebarkan berita perdamaian yang memberikan efek positif pada masyarakat.

Forum perdamaian media HWPL telah diadakan di 22 negara di seluruh dunia hingga saat ini. Ada beberapa forum perdamaian media HWPL Nepal melalui Skype, tetapi ini adalah forum perdamaian media HWPL pertama yang diadakan secara lokal di Nepal.

Karena kebutuhan upaya gabungan untuk menyebarkan berita perdamaian untuk meningkatkan hak asasi manusia dan untuk mempromosikan peningkatan perdamaian di Nepal, para peserta berharap untuk memiliki forum pers reguler untuk jurnalisme perdamaian untuk membahas kerjasama lebih lanjut antara media di Nepal.

Piya Ratna Maharjan, Presiden Track Nepal dan koordinator Forum Media Nepal ke-1, menyampaikan “Para peserta forum sepakat bahwa gerakan jurnalisme perdamaian semacam itu melalui forum media diperlukan di Nepal. Semua media Nepal harus diberi kesempatan untuk mendengar tentang PI dan mengambil bagian dalam membuat dampak positif pada masyarakat dengan menyebarkan berita perdamaian.

Forum ini juga disiarkan langsung di halaman Facebook Nonstop Khabar dan disiarkan oleh berbagai media termasuk 3 saluran TV nasional di Nepal. (/HWPL)