Pengembalian Fungsi RTH Jalan Tol Layang Mulai di Realisasi Pengelola

Adhie Kamis, 31 Januari 2019 10:57 WIB
284x ditampilkan Headline Makassar

MAKASSAR, -- Acara Seremonial
Kompensasi Penanaman Pohon Proyek Pembangunan Jalan Tol Layang A.P.Pettarani mulai terealisasi yang di laksanakan oleh pihak pengelola.

Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Walikota Makassar Kamis (31/1/2019) di lokasi Tallasa City Makassar dan menghadirkan Dirut PT BMN, Dirut PT Wijaya Karya Beton Tbk, serta kepala DLH Makassar.

Pada sambutan Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto mengapresiasi penanaman dan penggatian pohon sepanjang jalan A. P. Pettarani atas pembangunan jalan tol layang yang dimulai dengan jumlah 5060 pohon.

"Terimakasih kepada pihak pengelola yang telah berupaya mengembalikan pemenuhan fungsi (RTH) ruang terbuka hijau dikota Makassar" kata Walikota

Dirinya berharap agar pemenuhan target RTH dapat lebih maksimal meski hak alas tanah dikota Makassar semakin minim karena mahal dan kurangnya lahan yang ada.

Secara umum target pemenuhan RTH adalah 30 persen dari luas keselurahan dengan pemenuhan 20% Publik dan 10% ruang Space, namun melihat kondisi kota Makassar. Moh Ramdhan Danny Pomanto akan melakukan pemenuhan RTH tersebut dengan 10% persen publik, 20% persen space. Inbuhnya.

Diketahui pengembalian RTH Pembangunan Jalan Tol Layang A. P. Pettarani dari 5060 pohon tersebut dibagi dalam jumlah antara lain
* Ketapan 4000 pohon
* Tabebuiya pink 210 pohon
* Tabebuiya kuning 200 pohon
* Pulai 200 pohon
* Karet kuninh 200 pohon
* Pelangi 200 pohon
* Lamtoro 50 Pohon

Tanaman tersebut juga akan ditanam di beberapa titik antara lain berada dijalan Basalamah, Dangko, Satando dan jalan lingkar barat atau lokasi Tallasa city Makassar hari ini.

Diketahui yang hadir dalam seremonial penanaman tersebut selain Walikota Makassar, juga dihadiri oleh Dirut PT BMN (Anwar Toha), Dirut PT Wijaya Karya Beton Tbk. (Emmy Yanuar) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta jajaran.