Polres Tapsel Sektor Barteng Ungkap dan Amankan Pelaku Pembunuhan

Admin Jumat, 12 April 2019 12:04 WIB
233x ditampilkan Daerah

Sumut - Petugas gabungan polres tapanuli selatan (Tapsel) sektor barumun tengah kabupaten padang lawas (Palas) ungkap kasus pembunuhan terhadap Moga syaputra siregar warga desa Aek haruaya kecamatan portibi kabupaten padang lawas utara yang di duga di lakukan rekannya sendiri di Desa lubuk gotting  Kecamatan sihapas barumun, Kabupaten Palas, hal ini di tuturkan kapolres Tapsel AKBP Irwa zaini adip SH.MH melalui kapolsek Barumun tengah AKP Amir Faizal.SH kepada Terkininews melalui Pesan Watsap Jumat (12/4/19).

Kapolsek Barumun tengah AKP Amir Faizal SH Menuturkan kejadian ini diketahui pada hari Minggu tanggal 31 Maret 2019 sekira pukul 13.00 wib, atas laporan adek korban Saprin Efendy Siregar.

Pada saat mendatangi dan menjenguk saudara kandungnya atas nama Moga syaputra siregar yang ber usaha  salon di Desa Padang Hasior Lombang Kecamatan  Sihapas Barumun kabupaten palas dan setibanya dirinya mendapati bahwa tempat tinggal korban terkunci dan tidak berjumpa dengan korban.

Kapolsek juga menuturkan," Dalam keadaan kehilangan abang kandungnya, Saprin di datangi seseorang atas nama Dedi Pasaribu  dan menerangan bahwa terakhir pada hari Selasa tanggal 26 Maret 2019 Dedi pasaribu melihat seseorang yang dikenalnya yang berinisial monang bersama sama berboncengan dengan temanya Patut Pohan penduduk Desa Sitada tada Kec. Sihapas Barumun Kab. Padang Lawas.

Keduanya dan sikorban terlebih dahulu  makan Nasi Goreng di warung mie milik saksi saudara," Dedy Pasaribu" kemudian korban bersama dengan Patut Pohan pergi meninggalkan warung tersebut dengan mengendarai sepeda motor milik korban ke arah Pasar Padang Hasior.

Namun setelah mendapat kabar-kabar dari saksi tersebut  pelapor/ Saprin masuk melalui jerjak papan kediaman korban, Saprin di dalam  melihat kalau barang barang milik korban diduga turut hilang berupa 1 buah mesin pangkas, 1 buah hair dryer (pengering rambut), 1 unit digital para bola dan 1 unit TV LED 32 Inc. Sehingga pelapor merasa kehilangan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Barumun Tengah ucap kapolsek.

Dengan melihat kejadian tersebut Saprin Efendy Siregar melapor ke polsek barumun pada hari Rabu tanggal 10 April 2019 sekira pukul 22.00 wib.

Dengan bekerja keras unit Reskrim Polsek Barumun Tengah yang bekerja sama dengan Sat Reskrim Polres Tapsel melakukan Penyelidikan terhadap salah seorang bernama Saukum Hasibuan yang menjadi tersangka pelaku pembunuhan terhadap moga syaputra siregar,

Setelah di mintai keterangan bahwa sdra Saukum Hasibuan mengakui telah bersama sama dengan sdra Patut pohan pada hari selasa tgl 26 Maret 2019 sekira pukul 22.00 wib melakukan pembunuhan berecana dan atau penganiayaan yang mengakibatkan matinya orang dan atau pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang, yaitu dengan cara kedua pelaku menusuk pada bagian dada korban berulang ulang kali dengan benda tajam atau pisau.

Setelah korban meninggal lalu para pelaku membuang jasad korban ke semak yang ada di wilayah Desa Lubuk Gonting Kecamatan Sihapapas Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Tak hanya sampai disitu kedua tersangka kemudian mengambil barang barang milik korban.

Dari pelaku Sahukum hasibuan diperoleh barang milik korban berupa 1 unit sepeda motor merek honda Vario warna hitam, 1 unit HP merek samsung layar sentuh casing warna hitam dan 1 buah dompet kain warna hitam sebagai barang bukti, sehingga petugas melakukan penangkapan terhadap Sahukum Hasibuan.

Pelaku juga menjelaskan kalau si korban telah di bunuh di suatu tempat, kemudian jajaran polres Tapsel mengecek dan mendatangi TKP dan di lokasi benar ditemukan sesosok mayat yang dalam keadaan hanya tulang belulang yang diduga adalah jasad korban sdra Moga Syaputra Siregar. Tutup Amir Faizal SH.
P, Siregar