Dinas Perpustakaan dan Arsip Kepri Gelar Bedah Buku di Aula LAM Lingga

Admin Selasa, 16 April 2019 10:54 WIB
93x ditampilkan Headline Lingga

LINGGA - Dalam rangka merekah budaya Lingga yang digelar pagi ini Selasa (16/4/2019) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri menaja bedah buku berjudul " Lima Abad Lalu Orang Bangka sudah di Lingga" dan terlaksana di aula Lembaga Adat Melayu kabupaten Lingga komplek Istana Damnah Daik Lingga.

Kegiatan dalam mengembangkan khasanah budaya Melayu dengan berbagai aspek budaya pendukung dari tanah Bangka yang sudah lama membantu perjuangan kerajaan Lingga yang telah bernastautin 5 abad lalu di Bunda Tannah Melayu. 

Pemateri yang juga penulis Drs. H. Said Barakbah,M.M.Pd dan Drs. Abdul Haji memaparkan dgn lugas isi bukunya, yang didampingi juga beberapa narasumber Sejarahwan dan Budayawan dari Bangka Belitung Akhmad Elvian DPMP, anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra,S.Ag dan budayawan Kepri Mastur Taher. 

Said Barakbah menjelaskan hubungan awal " Orang Bangka datang ke Daik dan orang Daik yang pergi ke Bangka" kalimat ini mempunyai makna yang harus dikupas agar tidak salah makna. Disisi lain penjelasan penulis Abdul Haji yang menejelaskan secara detail kisah per kisah datangnya orang Bangka melalui panglima Raman yang dibawa oleh Megat ke tanah Melayu Daik Lingga. Buku yang masih butuh penyempurnaan ini menjadi salah satu acara utama pembedahan dalam rangka perbaikan-perbaikan. 

Pencetakan buku ini dicetak oleh Pemerintah Kabupaten Lingga yang juga di prakarsai oleh ketua LAM kabupaten Lingga Drs.M. Ishak, MM. 

Ratusan tamu undangan yang hadir baik dari  dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri, perwakilan pemerintah Bangka Belitung, Sekda Lingga dan tokoh-tokoh masyarakat Lingga khusunya yang ada di Daik Lingga. ***