FKG dan FKM Dua Fakultas Yang Akan Sukseskan Dies Natalis Unhas Ke-63

Admin Selasa, 14 Mei 2019 21:44 WIB
95x ditampilkan Makassar

MAKASSAR, -- Persiapan penyelenggaraan Dies Natalis Universitas Hasanuddin Ke-63 tahun kali ini  kali ini benar benar matang sehingga dua fakultas hadir sebagai penitia pelaksana kegiatan.

Hal tersebut melalui Rapat Koordinasi yang digelar Selasa (14/5/2019) di Ruang Kuliah Molar FKG, tampil sebagai panitia persiapan dari fakultas kesehatan gigi sebagai ketua didampingi fakultas kesehatan masyarakat sebagai wakil ketua.

Rapat yang dibuka dekan FKG, Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., PhD., Sp.BM (K) didampingi wakil dekan bidang kemahasiswaan alumni dan kemitraan FKM, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD, dengan tema Dies Natalis tahun ini adalah Menguatkan Kolaborasi, mendukung Unhas sebagai Humaniversity.

Dalam sambutannya, Dekan FKG menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak/ibu, ini adalah pertemuan pertama dan insha Allah kita siap menyelenggarakan dies natalis Unhas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan tema dies tentang humaniversity, maka kegiatan dies ini banyak menyentuh aspek sosial dan pengabdian masyarakat, apalagi FKM juga memang basisnya adalah masyarakat.

Secara umum panitia, Nursyamsi, drg., M.Kes., menyampaikan beberapa agenda yang dibicarakan dalam rapat koordinasi tersebut yaitu sosialisasi tema dan logo kegiatan, rencana, dan penentuan tempat kegiatan, pembagian tugas dan jadwal serta strategi pengumpulan dana sponsor. Tandasnya

Meski panitia telah menyiapkan beberapa kegiatan dies seperti seminar nasional dan internasional dari berbagai fakultas, pengabdian masyarakat, penyuluhan dan bakti social, pertandingan olahraga dan seni civitas akademika Unhas, istighozah akbar, ziarah ke makam Sultan Hasanuddin, pameran ilmiah, food open stand, family gathering dan senam sikat gigi dan cuci tangan WHO, lomba fotografi dan sebagainya, panitia juga meminta masukan dari peserta untuk menyempurnakan kegiatan tersebut. Paparnya.

Beberapa peserta juga turut memberikan pandangan dan komentar diantaranya Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes, Dekan FKM Unhas saat pada masanya yang menurutnya kegiatan dies natalis seharusnya melibatkan mahasiswa, bukan hanya dosen dan tenaga kependidikan sehingga hal tersebut sebagai langkah agar mahasiswa merasa memiliki dan jadi bagian dari proses pengkaderan,

Kegiatan dibuat meriah dengan didukung pendanaan pihak sponsor dimana ikon dies natalis adalah pengabdian masyarakat, Dibuatkan dokumentasi kegiatan dengan baik, Pemberdayaan network yang diselaraskan dengan tema kegiatan dan Kegiatan sosialisasi harus dilaksanakan dengan baik dan melibatkan semua stakeholder, dilaksanakan melalui media cetak, elektronik dan media sosial.

Prof. Dr. drg. Burhanuddin DP, M.Kes, Guru Besar Kedokteran Gigi, memberikan masukan yaitu sebaiknya kegiatan digaungkan lebih besar dengan melibatkan semua alumni di seluruh Sulsel dari berbagai disiplin ilmu, contohnya melakukan safari baksos yang dilaksanakan secara serentak dan kegiatan pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan dengan menggabungkan kegiatan penyuluhan, survey dan ceramah ilmiah.

Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, MSc.PH, Ph.D, Guru Besar FKM Unhas yang juga sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan Kemitraan memberikan masukan yaitu Kampus harus tetap bersih sebelum, saat dan setelah kegiatan dies natalis sehingga harus disiapkan tempat sampah dan perlu pelibatan mahasiswa dalam kegiatan dies natalis terutama pada pengabdian masyarakat untuk meningkatkan grade Unhas (bekerja sama dengan LP2M) dan dikoordinir oleh WD 3.

Prof. Dr. drg. Asmawati Amin, M.Kes, Guru Besar FKG juga menambahkan yaitu pemilihan lokasi pelaksanaan yang melibatkan massa seperti senam harus dilaksakan dengan baik dan disesuaikan dengan tema kolaborasi.

Selain itu Prof. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes., MSc.PH menekankan bahwa dies natalis ini jangan melupakan visi benua maritime, pengabdian masyarakat dengan tema mahasiswa dan alumni mengabdi di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, senam sehat dilaksanakan di lapangan sepakbola, Lomba fakultas sehat, disiapkan reward, Ekspose hasil paten melalui kegiatan pameran ilmiah, seluruh kegiatan seminar ilmiah seluruh fakultas dimasukkan sebagai agenda dies natalis dan semua kegiatan dipublikasikan melalui media cetak, elektronik dan sosial. Rapat ditutup sebelum menjelang sholat duhur dengan menyampaikan ringkasan hasil pertemuan pada pertemuan perdana tersebut. (*)