PAI Luncurkan Masjid Ramah yang Bakal Jadi Ikon Baru Wisata Religi Tanjungpinang

Admin Kamis, 16 Mei 2019 14:37 WIB
311x ditampilkan Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Tanjungpinang segera memiiki Icon baru - Masjid Ramah Ashabul Qur'an yang digagas Yayasan Pusat Alquran Indonesia (PAI) Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Masjid yang sedang dibangun diatas lahan wakaf 1 Hektar di daerah Tobong Bata KM 9 ini adalah masjid pertama di Indonesia yang dibangun dengan konsep 6 Ramah. Masjid yang dibangun dari awal untuk menjadi Masjid percontohan yang akan selalu ramai oleh Jama'ah. Tidak hanya diwaktu sholat fardhu saja tapi dari pagi sampai malam selalu dihiasi dengan aktivitas belajar dan menghafal AlQur'an.

Hal ini seperti disampaikan Direktur PAI Rully Oktoberyanto melalui Humasnya Raja Dachroni kepada wartawan. Kamis 16 Mei 2019

Masjid ini dibangun oleh Pusat Alquran Indonesia, sebuah lembaga yang fokus dalam pembinaan penghafal Alquran yang berlokasi di Komplek Bintan Center Blok F2 Km 9. Rully Attaqi, selaku Direktur Pusat Alquran Indonesia mengatakan

 "Pembangunan Masjid Ramah Ashabul Qur'an ini adalah untuk menghadirkan Masjid yang akan menjadi Pusat Pembinaan Penghafal Alquran, dengan konsep 6 Ramah pertama di Indonesia" kata Rully Direktur PAI 

Dia menjelaskan 6 Ramah itu adalah Ramah Anak, Ramah Bayi, Ramah Perempuan,  Ramah Jama'ah, Ramah Lingkungan.

Ramah Anak disini artinya Masjid akan hadir untuk membuat anak betah dan jatuh cinta dengan Masjid dengan menghadirkan fasilias diantaranya, Taman Hijaiyah, yaitu Taman bunga yang bertebaran Huruf-Huruf Hijaiyah ukuran 2 meter warna-warni. Di taman ini orang tua bisa memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah sambil membangun kenangan indah bersama anak-anaknya. Tempat Wudhu khusus anak dengan LCD Monitor yang akan menampilkan animasi cara berwudhu yang otomatis hidup ketika ada yang berdiri didepannya. Ruang tunggu yang dilengkapi LCD Monitor yang akan menampilkan Video Animasi Adab didalam Masjid, agar anak memahami bagaimana adab ketika berada didalam Masjid.

Ramah Bayi disini Masjid akan dilengkapi dengan Ruang khusus untuk ganti popok bayi, Pojok tempat bermain bayi, serta toilet yang dilengkapi dengan tempat duduk bayi agar orang tua tidak bingung meletakkan bayinya jika harus ke toilet. Serta dilengkapi dengan Klinik Anak dan Bayi gratis untuk memberikan edukasi kepada Masyarakat tentang kesehatan bayi dan anak.

Ramah Akhwat (Perempuan) artinya Masjid memberikan privasi kepada Jamaah Akhwat dengan akses keluar masuk terpisah antara Jama'ah Ikhwan (laki-laki) dan Akhwat (Perempuan) serta Tempat wudhu yang langsung terhubung ke area sholat Akhwat  yang akan memudahkan bagi Jama'ah Akhwat dan membuat mereka nyaman. 

Ramah Jama'ah diwujudkan dengan Masjid hadir 24 Jam untuk Jama'ah dan pintu Masjid dikunci. Petugas Masjid yang ramah akan menyambut Jama'ah dan memastikan Jama'ah betah di Masjid. Semua petugas dibekali dengan Pelatihan Pelayanan dan Keramahtamahan (Hospitality Training) ala Petugas hotel agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada Jama'ah. Serta petugas Cleaning Service yang stand by menjaga area tempat wudhu dan toilet agar selalu bersih, kering dan wangi. Juga Jama'ah akan dibersamai oleh Imam Hafidz Qur'an yang membuat Jama'ah semakin betah dan cinta untuk ke Masjid. Semua tim di Masjid Ramah Ashabul Qur'an mendapat gaji yang layak untuk penghidupan keluarga dan agar totalitas hadir untuk membantu Jama'ah.

Ramah Difabel adalah Masjid yang memiliki Ramp untuk pengguna kursi roda serta Lift untuk memudahkan Jama'ah yang kesulitan menggunakan tangga.

Ramah Lingkungan diwujudkan dengan Masjid akan ikut mengkampanyekan Zore Waste. Semua kegiatan di Masjid Ramah tanpa sampah plastik dan styroform. Semua kegiatan menggunakan wadah yang bisa digunakan kembali. Pengelolaan air limbah untuk dimanfaatkan menyiram taman dan pemanfaatan listrik tenaga surya untuk sumber energi listrik Masjid.

Rully menambahkan "Jika kita berkunjung ke sebuah resort hotel, maka kita akan melihat mereka totalitas dalam menghadirkan fasilitas yang nyaman, indah dan bersih dengan pelayanan yang juga totalitas. Maka kenapa tidak kita hadirkan juga sebuah Masjid yang totalitas untuk Jama'ah. Masjid yang hadir dengan keindahan, keramahtamahan dan kebersihan untuk Jama'ahnya. Maka inilah Masjid Ramah Ashabul Qur'an."

Mari sama-sama kita do'akan agar pembangunan Masjid ini bisa segera selesai dan memberikan manfaat untuk masyarakat kota Tanjungpinang. Bagi yang ingin ikut wakaf bisa langsung ke Pusat Alquran Indonesia di Komplek Bintan Center. 

"Kita membuka peluang juga bagi donatur yang mau bekerjasama atau berdonasi untuk mewujudkan icon baru Tanjungpinang ini," kata Rully.