Sambut HKAN 2019 Balai Besar KSDA Sulsel Gelar dengan Berbagai Aksi Nyata

Adhie Ahad, 21 Juli 2019 20:31 WIB
129x ditampilkan Makassar

MAKASSAR, -- Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus diperingati semua unsur terkait bidang konservasi dengan berdasarkan surat sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.S. 534/Setjen/Rouh/KSA.2/ 5/2019 tanggal 31 Mei 2019 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019 untuk pelaksanaannya.

Tak terkecuali Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BBKSDA SULSEL) sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan turut serta menyambut Hari Konservasi Alam Nasional 2019 dan akan melaksanakan giat hingga 25 juli 2019.

Ketua panitia pelaksana HKAN 2019 Ellyana Said menjelaskan bahwa kegiatan yang akan dilaksanaka oleh jajaran BBKSDA Sulse adalah Road to HKAN 2019 bertemakan “Spirit Konservasi Alam Milenial” dimulai hari ini (21/7/2019) di Anjungan pantai losari Makassar dengan berbagai agenda bersama semua pihak yang berperan aktiv.

Adapun kegiatan hari ini yang dilaksanakan hasil kerjasama semua UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Sulawesi Selatan seperti Pembagian Bibit (Free Seedings) dari BPTH, donor darah dari Balai Taman Nasional Bantimurung, simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran dari Balai PPI, Penampilan Marching Band dari SMK Kehutanan serta partisipasi pemerintah Kota Makassar, Bank BRI dan pihak Swasta.. Tandas Elly

Lanjut menurut dia memaparkan bahwa tahun 2019 ini, Indonesia memperingati 11 tahun Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus dan BBKSDA Sulsel akan melaksanakan serangkaian menyambut Hari HKAN 2019 melalui aksi nyata dengan susunan kegiatan antara lain :

(1) Promosi Deseminasi, Street Campaign, Bakti Konservasi “Donor Darah”, Pembagian Bibit Gratis (Free Seedings) tanggal 21 Mei 2019 di Anjungan Pantai Losari

(2) Schoool Conservation pada tanggal 24 Juli 2019 di SD Sudirman.
 
(3) Talk show “Konservasi Milenial”, Conservation Award, Penanaman Pohon Endemik dan Release Satwa secara simbolis Tanggal 25 Juli di Fort Roterdam Makassar. Acara Street Campaign.

"Kami berkolaborasi untuk aksi konservasi alam dengan pelibatan bersama para pihak mulai dari masyarakat umum, media, tokoh masyarakat, pemerhati, PT, LSM, Pemuda, Anak-anak, Perempuan, Pemda dan Swasta." terang Elyyana Said

Bukan cuma konservatif namum BBKASDA Sulsel juga mengedukasi anak usia dini dengan kegiatan School Conservation pada 24 Juli 2019 mendatang di SD Sudirman, Jl. Jend. Sudirman No.7 dengan peserta dari siswa SD berjumlah 200 Orang diisi dengan penampilan Pantomin, Band Akustik, pembacaan puisi dan pengenalan satwa liar serta peragaan pemadaman api oleh Balai PPI. Tambahnya

Sementara untuk giat Kamis 25 Juli 2019 giat dijadwalkan dihadiri PJ Walikota Makassar Muh. Iqbal Suhaeb sekaligus menyerahkan penghargaan konservasi kepada tokoh - tokoh yang telah berkontribusi di Konservasi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat dan Talkshow ini juga akan di meriahkan dengan Pentas Seni dari SMK Kehutanan Makassar. Kuncinya.

Diketahui Road To HKAN 2019 Pantai Losari adalah aksi bersih pantai, kampanye kendalikan sampah plastik donor darah sosialisasi Talaparusi, Kampanye anti asap rokok yang dihibur dengan drum band siswa SMK Kehutanan dengan maskot Anoa dan Rangkong. .

Sebagai catatan hasil giat HKAN 2019 BBKSDA berhasil mengumpulkan 47 kantong darah, 8 Kantong sampah di pelataran pantai dan 5 kantong Sampah dilaut. Papar ketua panitia pelaksanan. (*/)