Begini Presentasi Wagub Sulsel Saat Hadiri Konsultasi Regional RPJMN 2020-2024

Codeth Selasa, 6 Agustus 2019 11:06 WIB
122x ditampilkan Makassar

Manado, - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kembali memaparkan beberapa program unggulan dan strategis yang membutuhkan perhatian dan menjadi program Nasional. 

Presentasi ini disampaikan Andi Sudirman Sulaiman di depan Plt Sekretaris Utama (Sestama) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Gellwynn Daniel Hamzah Jusuf yang menghadiri kegiatan Konsultasi Regional RPJMN 2020-2024 di Manado, Selasa (6/8).

Di bidang pembangunan infrastruktur, Wagub memaparkan terkait 4 ruas jalan strategis (Parigi Bungoro, Bua Rantepao, Sidrap Luwu dan Sabbang Seko). Selain itu juga terkait tahap 2 kereta Api Makassar Pare pare, LRT Kota Makassar- Bandara Sultan Hasanuddin, kabel bawah laut kepulauan, Tol MNP Takalar, MNP Maros Pangkep dan Tol Mamminasata. Usulan perluasan Bandara Toraja, Bandara Wisata Bulukumba, Bandara Bone dan Selayar juga disampaikan Andi Sudirman dalam kesempatan ini.

"Program strategis tersebut juga masuk kedalam perencanaan Bappenas 2020-2024, selain itu ada juga beberapa restorasi sistem irigasi, DAS, Danau, Hutan dan penetapan kawasan strategis pariwisata. pewilayahan Hilirisasi mempertahankan surplus beras, mendukung kedaulatan Kakao, Kopi Toraja, lumbung daging sapi Sulsel, dan lainnya," jelas Andi Sudirman Sulaiman.

Sementara itu, Gellwynn Jusuf menjelaskan pemerintah daerah dapat menyusun rencana sesuai dengan potensi dan kontribusinya saat ini terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dari berbagai sektor dan aspek, yang penting sekarang investasi bagaimana, itu yang selalu dikejar oleh presiden, itu meningkatkan pertumbuhan dengan meningkatkan investasi, sementara ini hambatan kan masih di infrastruktur, SDM, kemudian APBN dan reformasi birokrasi," jelasnya.

Sulawesi diakui memiliki potensi besar dari ketersediaan sumber daya alam, khususnya pertanian dan perkebunan. Melalui perencanaan pembangunan yang tepat untuk mendukung tumbuhnya industri pengolahan, pemerintah daerah diharapkan dapat memaksimalkan potensi tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Gorontalo, Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Kepala Bappeda Sulawesi Tengah dan Kepala Bappeda Sulawesi Barat. (*)