Manuju Bebas Asap Kapolsek Berjibaku Hingga Pemasangan Spanduk Kampanye

Admin Kamis, 22 Agustus 2019 22:09 WIB
185x ditampilkan Daerah Headline

GOWA, -- Bebaskan kecamatan Manuju Kabupaten Gowa dari asap kebakaran hutan dan lahan Kapolsek Manuju Akp. Kasmawati. SH. MH, gencar kampanyekan Tindak Pidana Karhula bersama Manggala Agni Daops Gowa

Ditemui dilokasi Kampanye Akp. Kasma, Kamis (22/8/2019) saat sedang melakukan pemasangan atribut himbauan larangan pembakaran hutan dan lahan dirinya menegaskan kepada masyarakat bahwa tidak akan segan segan memproses hukum kepada semua pelaku tindak pembakaran hutan secara sengaja.

Kampanye dan pemasangan atribut bertemakan "Himbauan Membakar Lahan Kebun dan Hutan Dipdana Penjara 15 Tahun dan Denda 15 Miliar sesuai UU no 41 tahun 1999 tentang kehutanan dan UU no 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, serta UU no 39 tahun 2014 tentang perkebunan. Jelas Ibu Kapolsek.

"Hutan adalah kepentingan bersama maka dari itu mari hindari pembakaran yang bisa berdampak kepada pencemaran lingkungan" Tandasnya saat melakukan Kampanye Karhutla bersama Personil Manggala Agni.

Selain dari pada kampanye Kasma juga mengigatkan dengan himbauan besaran denda yang akan diberikan kepada pelaku pembakaran yang juga melakukan pemasangan spanduk dibeberapa titik rawan kebakaran hutan.

"Bukan hanya turun langsung, bahkan hingga pada semua personil polsek manuju telah saya perintahkan untuk senantiasa memberi peringatan kepada masyarakat yang dijumpai agar sedianya membrsihkan lahan tanpa melakukan pembakara, dan melakukan proses hukum jika menemukan adanya pelaku pembakaran" tegasnya

Oleh karena itu kapolsek Manuju menegaskan kepada jajaran agar nenyampaikan pesan kepada masyarakat tentang dampak dan pidana bagi pelaku kebakaran hutan yang dapat menjadi sumber penyakit pada masyarakat sekitar apabila menghirup asap dari pembakaran.

Sementara itu Kepala Daerah Operasi (Kadaops) Gowa Ishak Andi Kunna yang turut serta mendampingi Kapolsek saat kampanye mangapresiasi kinerja jajaran Polsek Manuju yang berperan aktiv mencegah kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah kerjanya.

"Sejak bu Kasma menjabat dan bersinergi dengan Manggala Agni baik dari segi bantuan pamadaman langsung maupun sosialisasi yang dilakukan adalah aksi nyata" puji Kadaops Gowa

Lanjut kata dia bahwa dari aksi yang dilakukan Kapolsek Manuju, hingga saat ini belum ada terpantau asap ataupun laporan adanya pembakaran lahan di wilayah kerja Kapolsek.

Ditambahkan bahwa semenjak adanya proses hukum terhadap salah satu warga pelaku pembakaran lahan yang terjaring telah jadi efek jera bagi warga lain yang juga hendak membuka lahan dengan cara membakar. (*/)