Diresmikan Pangdam Swamp Boat Perkuat Operasi Patroli keamanan Wilayah Pedalaman

Adhie Selasa, 27 Agustus 2019 08:56 WIB
110x ditampilkan Makassar

MAKASSAR, -- Dibawah kendali Bekangdam XIV/Hasanuddin Swamp Boat (Perahu Rawa) milik Kodam Hasanuddin resmi digunakan. Senin (26/8) kemarin yang ditandai dengan uji coba penggunaan Kapal oleh Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si di Pelabuhan Paotere Makassar.

Swamp Boat tersebut merupakan hasil pengkajian dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang diproduksi PT Mega Perkasa Engineering (MPE) untuk operasi patroli keamanan jajaran Kodam di wilayah pedalaman.

Perahu tersebut memiliki bobot 2,3 Ton dengan total penumpang 6 hingga 10 orang, dengan kecepatannya sekitar 30 Knot dengan bantuan kipas anging sebagai tenaga pengerak. Ungkap Pangdam

Swamp Boat (Perahu Rawa) juga digunakan sebagai sarana pengangkut pasukan untuk perairan pedalaman seperti di aliran sungai, danau, rawa atau daerah lainnya yang tak mungkin dilalui oleh perahu atau kapal standar. Tambahnya

"Ini kita coba di laut namun penggunaannya bukan disini berikutnya kita akan coba di daerah rawa" Paparnya

Lanjut Swamp Boat (Perahu Rawa) ini beda dengan perahu biasa, Swamp Boat digerakkan mesin berbaling-baling yang berada di atas permukaan air dan tidak terendam di air.

"Saat ini kita baru memiliki satu unit, mudah-mudahan ini bisa memperkuat jajaran kita khususnya Perbekalan Angkutan dalam memperlancar pelaksanaan tugas dan dapat membantu masyarakat dengan cepat bila dibutuhkan", tambahnya. Tambahnya. 

Diketahui saat uji coba perahu tersebut ditumpangi Pangdam bersama jajarannya mengelilingi perairan laut di sekitar kawasan pelabuhan Paotere Makassar.

Hadir saat uji coba tersebut Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si, Asrendam Kolonel Inf Ganardyto Herry K, Asintel Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Asops Kolonel Inf Renal Apriando S, Kabekangdam Kolonel Cba Frederick Made S, Kapendam Kolonel Inf Maskun Nafik, Kakudam Kolonel Cku Dinurwan dan Katopdam Kolonel Ctp Supriyadi. (*/)