Ini Pesan Wagub Sulsel Saat Hadiri Wisuda Angkatan Pertama Politeknik Kelautan dan Perikanan di Bone

Codeth Selasa, 27 Agustus 2019 14:19 WIB
124x ditampilkan Daerah

Bone, - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri wisuda angkatan pertama Politeknik Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone, Selasa (27/8). Tercatat, 83 mahasiswa diwisuda di kampus yang dibawahi langsung Kementrian Kelautan dan Perikanan tersebut. 

Dalam sambutannya, Andi Sudirman menjelaskan tentang perkembangan peradaban. Termasuk bagaimana membangun pola pikir dan sikap dalam merespon sebuah persoalan.

"Artinya, kita tidak bisa biasa-biasa saja. Alumni Politeknik Kelautan dan Perikanan itu tidak biasa. Yang hadir di sini pasti orang luar biasa. Dari ide, perilaku, dan bagaimana mereka merespon persoalan, bahkan berinovasi agar mempengaruhi perubahan dunia," ujarnya. 

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, berkonsentrasi pada bidang kelautan dan perikanan. Untuk itu, para lulusan diharap dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. 

"Aplikasikan ilmu dengan baik agar rakyat Indonesia semakin makmur. Tunjukan pada dunia, sumber daya manusia dari Indonesia, terutama Sulsel mampu mengelola laut dan bersaing juga di tingkat internasional," imbuhnya. 

Iapun berpesan, agar wisudawan tidak hanya cerdas secara ilmu pengetahuan, tapi juga harus dibarengi dengan akhlak yang baik. Tidak membuat orangtua susah, senantiasa mengabdi kepada orang tua, dan selalu menjadi kebanggaan orang tua dimanapun berada.

"Para wisudawan juga harus mendukung penuh program pemerintah di bidang maritim," pesannya. 

Sementara, Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Dan Perikanan,  Zulficar Mochtar, yang turut hadir pada wisuda tersebut, menyampaikan, Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Berbagai persoalan ada di wilayah pesisir. Untuk itu, mindset harus diubah dan menjadikan laut sebagai energi bangsa.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yang senantiasa mendukung program pemerintah pusat," imbuhnya. 

Sebelum menghadiri acara wisuda tersebut, Andi Sudirman terlebih dahulu disambut Bupati Bone, Andi Fashar Padjalangi, di Rumah Jabatan Bupati Bone. (*)