Kecamatan Singkep Pemenang Lomba Kadarkum Lingga

Redaksi Selasa, 15 Oktober 2019 09:39 WIB
203x ditampilkan Headline Lingga

LINGGA - Pelaksanaan kegiatan lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum ( Kadarkum) yang telah berjalan dari 13-14 Oktober di One Hotel Dabo Singkep telah usai, berhasil keluar menjadi juara pertama adalah kelompok Seroja dari kecamatan Singkep. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Hukum di Setretariat Daerah (Setda) Lingga.

Setelah menang ditingkat kabupaten, kelompok dari kecamatan Singkep ini akan bertarung ditingkat provinsi Kepri, ungkap M. Jais Kepala Bagian (Kabag) Hukum di Setda Lingga. 

"Ini merupakan lomba perdana, dan sebagai tindak lanjut dari program Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Lomba kadarkum ini dilaksanakan tiga tahun sekali," kata dia kepada rekan-rekan media .

Jais juga menjelaskan, kelompok yang menjadi juara pertama pada lomba tingkat kabupaten ini, akan menjadi wakil Lingga di tingkat Provinsi Kepri. Rencananya, untuk tingkat provinsi, lomba ini digelar sejalan dengan penyerahan sertifikat Indikasi Geografis (IG) Sagu Lingga di Tanjungpinang, 17 Oktober mendatang.

"Kami optimis Lingga bisa meraih posisi tiga besar di tingkat provinsi. Tahun 2020 mendatang, rencananya kami akan mulai lomba ini dari tingkat desa dan kecamatan. Kalau di tingkat kabupaten/kota, hanya Lingga dan Tanjungpinang yang melaksanakan lomba kadarkum ini," ujarnya.

Selain di tingkat provinsi, Jais juga berharap Lingga bisa mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional, terangnya.

Selain kelompok Seroja dari kecamatan Singkep yang berhasil meraup nilai 2.895 poin, ada juga juara kedua dipegang kelompok Kamboja dari Kecamatan Singkep Barat yang mengoleksi 825 poin, ketiga ditempati kelompok Mawar Putih dari Kecamatan Lingga Utara dengan 570 poin dan kelompok TTB dari Kecamatan Temiang Pesisir 400 poin. ***