Bawaslu Karimun Raih Penghargaan Terbaik Kedua

Admin Jumat, 1 November 2019 06:24 WIB
81x ditampilkan Headline Karimun

KARIMUN - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau meraih penghargaan terbaik kedua Bawaslu Award dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia dalam tata kelola sumber daya manusia pada Pemilu 2019 yang lalu.

"Alhamdulillah, penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu di Jakarta. Selain nomor dua terbaik dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia," kata komisioner Bawaslu Karimun Tiuridah Silitonga di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Penghargaan Bawaslu Award ini, kata Tiuridah, diberikan Bawaslu pusat bagi Bawaslu di daerah dalam mengelola SDM dan organisasi Bawaslu yang meliputi peningkatan kapasitas, pelaksanaan bimbingan teknis yang disertai dengan pembinaan terhadap jajaran di tingkat bawah, mulai dari Panwascam, pengawas pemilu lapangan di desa hingga pengawas TPS pada Pemilu 2019.

Dia menyebutkan, untuk mendapatkan penghargaan itu, tim juri meminta sejumlah persyaratan yang riil sebagai bahan penilaian oleh tim juri yang berkompeten. 

Penghargaan ini, menurut dia, menjadi motivasi bagi Bawaslu dan seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM khususnya yang akan bertugas pada Pilkada 2020 mendatang.

Menurut dia, tahapan Pilkada 2020 sudah dimulai dan pihaknya akan membentuk Panwascam di 12 kecamatan pada November 2019.

"Intinya kita ingin sumber daya manusia yang akan bertugas pada Pilkada 2020 ini benar-benar berkualitas, profesional dan memiliki integritas yang tinggi," kata Tiuridah yang pernah menjabat Ketua Panwaslu Karimun.

Dia menambahkan pada Pemilu dan Pilpres 2019, jajaran Panwascam, PPL dan Pengawas TPS telah bekerja keras, hasilnya ada beberapa pelanggaran pemilu yang diproses sampai ke pengadilan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengatakan, pihaknya semula mengajukan empat kategori kepada tim juri Bawaslu Awarda, yakni kinerja pencegahan, penanganan pelanggaran, inovasi pengawasan dan tata kelola SDM.

Dari empat kategori itu, kata dia, Bawaslu Karimun berhasil meraih penghargaan terbaik kedua untuk kategori tata kelola SDM.

"Ini berkat kerja keras dan dukungan semua pihak. Kita tentu tidak boleh jumawa dengan penghargaan ini, tapi sebagai motivasi bagi kami dan jajaran agar lebih siap dalam menghadapi Pilkada 2020," kata dia.

Nurhidayat menambahkan pihaknya juga sedang mempersiapkan dan mengevaluasi kesiapan jajarannya menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karimun, dan segera membentuk Panwascam di tingkat kecamatan. (ANT)