KUR 6 Persen UMKM Dikaji

Admin Sabtu, 2 November 2019 08:32 WIB
64x ditampilkan Bisnis Headline Jakarta

JAKARTA- Pemerintah memprogramkan perbaikan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara lain dengan berupaya menurunkan bunga pinjaman untuk pelaku usaha kecil menengah menjadi hanya 6 persen dibanding saat ini 7 persen.

 
Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Di tengah perlambatan ekonomi global, Indonesia mestinya menjaga daya tahan ekonomi domestik, terutama daya beli dan konsumsi.

 
Salah satu sektor yang mendapatkan perhatian, yakni UMKM. Sektor ini perlu didukung dengan berbagai kebijakan, termasuk pemangkasan bunga KUR.

"Nah ini tentu kemarin yang kita sedang, sampaikan juga di sidang kabinet termasuk kita sedang mereview untuk usaha kecil menengah. Ini akan kita dorong lagi untuk KUR," jelas  Airlangga, di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/11).

BACA JUGA
Kebijakan Tiket Murah, Menko Perekonomian Off Side!
Saat ini pihaknya sedang mengkaji rencana tersebut. Namun demikian, dia mengatakan turunnya ekonomi global dan tingkat suku bunga BI, ditambahkan inflasi yang terkendali, memberi ruang bagi penurunan bunga kredit KUR.

"Kita akan koordinasikan, (KUR) ditingkatkan jumlahnya dan juga beban suku bunganya dengan inflasi masih terkendali kemudian tingkat suku bunga menurun, Amerika juga turun, kita sudah waktunya juga untuk menurunkan tingkat suku bunga KUR. Ini kita sedang melakukan pelajari juga," tandasnya.

Sumber: RMOL.id