Yudi Iskandar: Offroader yang Perhatikan Kesejahteraan UMKM

Admin Selasa, 5 November 2019 15:47 WIB
137x ditampilkan Headline Profil

YUDI ISKANDAR, lahir pada 28 Oktober 1975 di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.  Berasal dari keluarga pejuang berdirinya Provinsi Kepulauan Riau. Pembentukan provinsi yang lebih dikenal Kepri ini, tidak terlepas dari kelihaian ayahnda tercinta beliau yang bernama H. Zulkarnain Zainuddin atau yang lebih dikenal dengan “Pakcik Nain Lonjong” yang berada dibalik layar dan operasi senyap dalam mewujudkan pemekaran Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Provinsi Kepulauan Riau. Ibunda tercinta Yusmiarti merupakan sosok yang membentuk kepribadian berbagi bagi semua yang membutuhkan pertolongan pada dirinya. 


Pendidikan formal yang dienyamnya  di SD Negeri 005 Tanjungpinang dan lulus tahun 1989. Selanjutnya meneruskan sekolah di SMP Negeri 5 Tanjungpinang, tamat tahun 1992, dan di SMA Negeri 1 Tanjungpinang, tamat tahun 1996. Selepas menamatkan SMA, aktivitasnya lebih banyak dihabiskan menimba ilmu kepada sang ayah tercinta dalam mendidik mental dan sikap serta membangun jaringan dalam pergaulan. 


Selain itu, hari-harinya dihabiskan untuk menggeluti dunia kontraktor yang dibangunnya. Proses dalam membangun usaha ini mendidik mentalnya untuk menjadi seorang yang tangguh, tidak mudah berputus asa dan percaya diri dalam membangun jaringa. Keberhasilan Yudi dalam dunia kontruksi ini menghantarkannya menjabat sebagai Wakil Ketua Gabungan Pelaksana Kontruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Tanjungpinang.

Suami dari Mariah dan ayah dari Iman, Ramadhan dan Sahlan ini juga aktif dalam organisasi keolahragaan dan kemasyarakatan. Dimulai dari sebuah hobi mengkoleksi mobil – mobil off-road dan menekuni dunia balapan lumpur tersebut, akhirnya menghantarkan beliau Menakhodai Indonesia Off-Road Federation (IOF) Pengda Kepri Periode 2013 – 2017 dan berhasil memperkenalkan serta menarik minat masyarakat Kepri untuk mencintai olahraga Off-Road yang notabene adalah olahraga yang memiliki adrenalin yang tinggi serta memberikan efek perputaran ekonomi bagi masyarakat khususnya usaha kecil dan menengah pada setiap even-event yang dilaksanankan. 

 Keberhasilannya saat memimpin IOF ini dengan digelarnya “Explorer Kepri 2014 dan 2016 dalam rangka HUT Bhayangkara ke – 70” yang merupakan kegiatan Off-Road berskala internasional yang melibatkan Offroder Tanah Air dan Negera Tetangga seperti Singapura dan Malaysia serta Pembuatan Film Dokumenter Jelajah pesona alam Indonesia di pulau Singkep. 

Selama melaksanakan event – event tersebut, kegiatan offroad yang dilakukan selalu berusaha mengangkat kearifan lokal baik keindahan alam, keramahan masyarakat maupun budaya di Provinsi Kepulauan Riau, seperti di Bintan, Lingga, Batam dan daerah lainnya di Provinsi Kepri ini, sehingga Motto: “Jadilah Offroader yang Berbudaya” menjadi karakter pada seluruh amggota dan peserta yang dilaksanakan. Dengan motto tersebut, membuat kegiatan-kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kepolisian, Kejaksaan dan Pemerintah Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau. 

Selain itu, juga membangun jiwa patriotism bagi masyarakat dengan melaksanakan Apel bersama Kapolda Kepri pada peringatan Hari Pahlawan di Lingga bersama masyarakat pesisir, sehingga memberikan dampak bagi jiwa nasionalisme pada diri masyarakat.


Selain di dalam daerah, IOF yang dipimpinnya juga mendapatkan banyak apresiasi dan penghargaan dari pemerintah tempat diadakan event skala nasional maupun internasional, salah satunya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diberikan langsung oleh Dedi Mizwar selaku Wakil Gubernur Jawa Barat saat itu sebagai Pemenang ke 2 dan dalam kesmepatan tersebut IOF pengda Kepri juga memberikan cendera mata berupa buka Explorer Kepri 2014. (rilis)