Guru Kunci Atasi Beragam Persoalan Pendidikan

Admin Senin, 11 November 2019 10:23 WIB
96x ditampilkan Headline Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Memasuki era digital persoalan pendidikan juga semakin komplek, dibalik beragam persoalan pendidikan yang ada tetap guru adalah kunci untuk menyelesaikan beragam persoalan yang ada tersrbut.

Hal ini terungkap saat KAMMI Tanjungpinang menggelar diskusi bertemakan dilema pendidikan Sabtu (9/11/2019) kemarin.

 Atmadinata  Kadisdik Kota Tanjungpinang dalam diskusi menjelaskan bahwa persoalan guru  diantaranya berkaitan dengan UU Perlindungan Anak, tingkatan dalam jenjang tertinggi guru yang hanya mentok pada A1, masuknya pembelajaran yang berbasis teknologi membuat bnyaknya guru yang kesulitan untuk mempraktikannya, dan masih kurangnya tenaga pendidik dibeberapa daerah.

 

Sementara, Syahid Ridho selaku dewan termuda Kepri menjelaskan bahwa persoalan diatas bisa diatasi dengan cara menetapkan Gaji yang besar untuk tenaga pendisik kemudian standarisasi guru harus di kuatkan, contohnya seperti standar yang ditetapkan pada bidang kedokteran dan spesialis. Sehingga tenaga pendidik dengan gaji yang besar juga tidak masalah karena dengan spesialisasi yang jelas membuat keberadaan guru menjadi sesuatu yang diminati dan bukan menjadi opsi terakhir, seperti hari ini kebnyakan orang terlalu mudah untuk menjadi seorang guru padahal dia belum tentu dia mampu atau memiliki skil dalam kependidikan.

"Maka hal itu menjadi persoalan ketika guru yang seharusnya menjadi indikator maju atau mundurnya suatu bangsa malah justru mengalami persoalan yang fundamental, dan sudah seharusnya persoalan ini harus di selesainkan," kata Syahid Ridho.

Selain itu Ridho juga mengungkapkan bahwa berkaitan dengan UU Perlindungan Anak harus di perjelas kembali berkaitan dengan prilaku pendidik, hal ini berhubungan dengan pola didik yang diterapkan oleh guru, sanksi dalam mendidik juga perlu di lakukan dengan tujuan untuk memperingatkan atau memberitahu kepada murid bahwa ada beberapa hal yang benar dan ada yang tidak benar, dan sikap orang tua/wali kepada tenaga pendidik harusnya memberikan kepercayaan kepada guru agar anaknya dapat dididik dan diberikan pembelajaran, dan orang tua juga ikut/membersamai belajar anak untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak terhadapt tugas dan materi yang di sampaikan oleh guru.

Bang Ramli selaku Akademisi dan juga orang yang bepengalaman dalam dunia Pendidikan Paling tidak ada 10 kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang guru, diantaranya yang pertama kemampuan pedagogik, yakni bagaimna memahami anak mulai dari pola pembelajaran dan menentukan strategi yang di terapkan agar materi bisa sampai kepada si anak didik. Hal ini penting agar tidak terjadi salah didik anak yang justru akan berakibat fatal pada si anak. (CRIM)