Revolusi Mindset Pemuda Saat Ini

Admin Selasa, 19 November 2019 12:40 WIB
301x ditampilkan Opini Tanjungpinang

terkininews.com, -- Perkembangan zaman modern berserta perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pesat di dunia ini membuat banyak perubahan-perubahan.

Modernisasi zaman saat ini menjadikan segala sesuatu sangat dipermudah baik dari kebutuhan primer,sekunder, maupun tersier sangat mudah di temukan.

Tak dipungkiri saat ino semua sangat mempengaruhi perubahan-perubahan kepada semua orang bahkan anak muda.

Pembahasan saat ini mengenai revolusi mindset yang merupakan suatu pembahasan sangat menarik untuk di angkat.

Revolusi merupakan perubahan yang sangat cepat atau boleh dikatakan signifikan. Perubahan yang terjadi seperti pada teknologi, sosial budaya, politik maupun ekonomi. Sedangakan mindset adalah pola pikir atau bisa di katakan bagaimana cara berpikir lebih baik lagi untuk menciptakan pribadi yang berkarakter.

Revolusi mindset yang terjadi saat ini di Negara Indonesia banyak terjadi dikalangan pemuda. Karena pemuda dari segi pola piker masih terlalu mudah di pengaruhi berbagai virus-virus yang bisa membuat mereka berubah.

Perubahan pola pikir pemuda saat ini dominan pada faktor teknologi. Tidak bisa dipisahkan permasalahan saat ini terjadi kerena teknologi, dengan adanya revolusi industri 4.0 segala kebutuhan cepat terpenuhi jika di lihat dari sisi positifmya.

Namun pemuda sekarang atau dengan bahasa modern generasi milenial memanfaatkan teknologi tidak sesuai dengan kegunaannya. Mindset anak muda di pengaruhi beberapa faktor salah satunya  perubahan mindset karena pengaruh game online.

Bisa di katakana 80% pemuda di Indonesia sudah kecanduan game online. Duduk sendiri focus ke smartphone, interaksi ke sesama menjadi berkurang. Tidak salah muncul statement mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Mereka merasa sudah nyaman dan akhrinya pola pikir generasi muda hanya dengan game online.

Aktivitas mereka menjadi berkurang membuat generasi muda menjadi lebih apatis, budaya membaca sudah tak terlihat walaupun membaca melalui smartphone. Perubahan ini yang menjadi permasalahan bagi generasi muda Indonesia.

Oleh: Sandi Eja Putra
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang