Besok KNRP Kepri Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Codeth Sabtu, 23 November 2019 13:50 WIB
205x ditampilkan Kepri Terkini

Tanjungpinang, Terkininews.com - Menyikapi serangan Israel ke jalur Gaza, Palestina 12-14 November lalu, Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Kepulauan Riau bersama elemen masyarakat menggelar aksi solidaritas Palestina pada Ahad (24/11/2019) besok yang dipusatkan di Laman Boenda, tepi laut Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. 

Ketua pelaksana kegiatan Aksi Solidaritas Palestina KNRP Kepri Zulkarnain 
mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun dari relawan KNRP di Jalur Gaza sebanyak 500 rumah rusak 30 rata dengan tanah. Dimana kerugian mencapai 2 Juta USD, 500 ribu USD angka kerugian dari rusaknya lahan pertanian, 300 ribu USD angka kerugian dari rusaknya infrastruktur, air, alat kesehatan, listrik dan jalan.

Ia juga menambahkan bahwa 100 ribu USD angka kerugian dari rusaknya 12 bangunan toko para pedagang, 100 ribu 
USD angka kerugian dari rusaknya kendaraan dan alat transportasi, 100 ribu dollar angka kerugian dari rusaknya gedung-gedung pemerintahan dan sekolah.

"Data-data menunjukkan serangan Israel ke jalur Gaza merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang berat, untuk itu kita sikapi dengan aksi solidaritas yang damai dan santun menolak pelanggaran HAM terberat di abad ini," Kata Zulkarnain Sabtu (23/11/2019).

Ia pun menambahkan, Sebelumnya tepatnya di hari Jumat beberapa masjid juga menggelar salat ghaib untuk mendoakan masyarakat di sana yang terus bertahan dan berjuang.

Terpisah Ketua KNRP Kepulauan Riau Bakhtiar M Rum melalui sekretaris umumnya Raja Dachroni mengungkapkan aksi solidaritas dilakukan seluruh KNRP se Indonesia untuk mengampanyekan ada persoalan kemanusiaan yang sangat berat dan riil terjadi di Palestina.

"Kita tentu prihatin masih saja ada penjajahan di muka bumi sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita tentu paham benar bahwa pembukaan UUD 1945 menolak dengan tegas segala macam bentuk penjajahan di muka bumi, maka sudah sepantasnya juga 
melakukan aksi konkrit dan dukungan dalam bentuk aksi solidaritas ini," terang Raja Dachroni.

"Dari aksi solidaritas ini juga semoga kita bisa memberikan infak atau donasi terbaik bagi warga Palestina," kata Bakhtiar M Rum didampingi Sekretaris Umumnya Raja Dachroni.

Sekedar diketahui, Aksi solidaritas ini diikuti beragam elemen mulai dari mahasiswa, pelajar, majelis taklim, dai bahkan sastrawan juga ikut serta di dalamnya. Agenda aksi solidaritas juga cukup berwarna diantara pembacaan puisi, akustik dan sharing kepalestinaan. (*RD)