Baznas Karimun Berhasil Himpun Dana Zakat Rp 3,2 Miliar

Admin Kamis, 26 Desember 2019 21:38 WIB
290x ditampilkan Daerah Headline Karimun

Karimun, -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sepanjang 2019, berhasil menghimpun dana zakat sebesar Rp3,8 miliar, meningkat dibandingkan 2018 yang terhimpun sekitar Rp3,2 miliar.

"Alhamdulillah terjadi peningkatan dari Rp3,2 miliar menjadi Rp3,8 miliar. Ini berkat meningkatnya kesadaran muzakki dan disertai dengan gencarnya sosialisasi yang kita lakukan agar para muzakki menyalurkan zakatnya melalui Baznas," kata Ketua Baznas Karimun Nasrial usai menyalurkan dana zakat periode IV kepada 1.011 mustahik zakat di Masjid Agung Karimun.

Nasrial mengatakan, dana zakat sebesar Rp3,8 miliar yang dihimpun tersebut disalurkan kepada mustahiq sebanyak empat periode.

Untuk periode keempat, total dana zakat yang disalurkan sebanyak 526.050.000, dan untuk pendistribusian zakat pada Selasa (24/12), dana zakat yang disalurkan khusus untuk mustahiq (orang yang berhak menerima dana zakat) yang berasal empat kecamatan, yakni Kecamatan Karimun sebesar Rp111.300.000 untuk 371 mustahiq yang terdiri atas 320 fakir miskin dan 51 fisabilillah, Kecamatan Tebing sebesar Rp92.100.000 untuk 307 mustahik terdiri atas 208 fakir miskin dan 54 fisabilillah.

Kemudian, untuk Kecamatan Meral sebesar Rp78.600.000 untuk 262 mustahiq terdiri atas 208 fakir miskin dan 54 fisabilillah dan Kecamatan Meral Barat sebesar Rp21.300.000 untuk 71 mustahiq yang terdiri atas 52 fakir miskin dan 18 fisabilillah.

"Sisanya untuk kecamatan lain akan kita salurkan dalam waktu dekat," kata dia.

Pada kesempatan itu, Nasrial mengatakan dana zakat yang disalurkan kepada mustahiq ada yang berbentuk uang tunai, dan ada pula dalam bentuk lain seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, pendidikan dan kesehatan.

Dia juga mengimbau kepada para muzakki agar memanfaatkan unit-unit pengumpul zakat (UPZ) sebagai tempat menyalurkan zakatnya, sehingga penyalurannya bisa lebih optimal dalam membantu para mustahiq yang berhak menerima dana zakat.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi kinerja Baznas yang tiap tahun berhasil meningkatkan penghimpunan dana zakat.

Baznas Karimun, kata dia, tidak hanya menyerahkan zakat akan tetapi menyerahkan juga bantuan kesehatan kepada masyarakat yang tidak mampu dengan membawa surat keterangan tidak mampu.

"Hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam program pengurangan angka kemiskinan," kata dia.

Bupati berharap kepada seluruh masyarakat Karimun agar tidak hanya menerima zakat ini di tahun ini dan untuk di tahun depan mudah mudahan kit pula yang dapat memberi zakat.

"Kepada para mustahiq yang menerima dana zakat agar bisa mensyukurinya dengan mempergunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata dia. (ANTARA)