Rehabilitasi Rutilahu di Blitar Digelontor Miliaran Rupiah

Admin Kamis, 16 Januari 2020 18:00 WIB
86x ditampilkan Daerah Headline

BLITAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Program itu selaras dengan Pemerintah Pusat dengan bertujuan untuk menciptakan hunian yang layak untuk di tempati.

"Program yang terus kita galakkan itu  dianggarkan mencapai Rp 2,5 miliar. Yang jelas tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat," kata Agus Santosa, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Blitar, Kamis (16/01).

Agus menjelaskan, anggaran yang digelontorkan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020. Ada 145 unit rumah yang akan menerima bantuan itu. Dimana masing-masing rumah menerima bantuan sekitat Rp 17,5 juta. 

"Kalau penyaluran uang itu langsung masuk ke rekening Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) masing-masing desa sebagai pelaksana kegiatan. Bantuan itu digunakan untuk membeli bahan dan upah tukang," ujarnya.

Selain itu menurutnya, dalam program ini juga harus ada swadaya dan bantuan masyarakat, baik berupa materi. Sehingga program ini bisa maksimal. Harapannya program Rutilahu di Kabupaten Blitar bisa berjalan lancar dan tepat sasaran. 

"Kita pastikan juga terus melakukan pendataan langsung dilapangan. Jadi nanti bisa dijadwalkan untuk rehabilitasi ditahun berikutnya," tutupnya.(*/edp)