IPRAHUMAS Cabang Kementerian ESDM Dikukuhkan

Redaksi Selasa, 21 Januari 2020 16:33 WIB
110x ditampilkan Nasional

JAKARTA - Ikatan Pranata Humas (Iprahumas) Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini Selasa, (21/1) dikukuhkan. Humas memegang peranan penting dan strategis dalam penyebarluasan informasi Pemerintah. Menjadi humas harus adaptif terhadap pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang untuk kepentingan penyebaran informasi yang benar dan menangkal informasi yang tidak benar.

"Era saat ini berbeda dengan masa lalu, dahulu untuk mendapatkan informasi didapat dari koran yang dikirimkan loper koran setiap pagi, namun sekarang eranya sudah berubah, kita mendapatkan informasi langsung dari gadget kita dari medsos dengan cepat, informasi ada ditangan kita," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik Dan Kerjasama (Biro Klik) Kementerian ESDM Agung Pribadi.

"Kita ingat saat terjadi runtuhnya dinding Gunung Anak Krakatau yang menyebabkan naiknya gelombang laut informasi itu bisa kita dapat dengan cepat. Informasi letusan gunung berapi bisa kita dapat dengan cepat beberapa menit setelah kejadian terjadi," lanjut Agung.

c-WhatsApp%20Image%202020-01-21%20at%201

Perkembangan teknologi informasi saat ini untuk mendukung penyebarluasan informasi tentunya sangat penting, peran humas dalam memberikan informasi dengan cepat, tepat dan benar sangat diperlukan, sehingga dapat menangkal berita tidak benar yang disebarkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Informasi yang tidak tepat dapat membuat kita misleading dan sebagian orang memanfaatkan teknologi ini untuk kepentingan sendiri," ujar Agung.

Sementara, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti yang hadir sebagai Anggota Dewan Kehormatan Iprahumas menambahkan perlunya mengemas Informasi berita dengan bahasa yang mudah dimengerti, khususnya untuk kaum millenial.

"Millenial identik dengan karakter creative, connect, dan confident. Sekarang ditambah concern," ujar Nufransa.

Ketua Cabang Iprahumas Kementerian ESDM terpilih Pandu Satria Jati Bonifasius dalam program kerjanya mengatakan, pembentukan Iprahumas Cabang Kementerian ESDM ini merupakan wadah untuk meningkatkan kompetensi dan komunikasi antar paranata humas di lingkungan Kementerian ESDM.

"Teman-teman Pranata Humas ingin kompetensinya terus berkembang, dari Biro SDM dan BPSDM ESDM sudah memberikan fasilitas-fasilitas untuk pengembangan kompetensi," ujar Pandu.

Sebagai informasi, Pengurus Cabang (PC) Iprahumas Kementerian ESDM ini merupakan PC ke-5 Iprahumas yang dilantik setelah PC Kementerian Komunikasi dan Informatika, PC Jakarta Wilayah 1 (LAN), PC Jawa Timur dan PC Bangka Belitung. (SF/esdm.go.id)