Sepanjang 2019, DPM PTSP Blitar Terbitkan 30 SPPT

Admin Jumat, 24 Januari 2020 17:38 WIB
119x ditampilkan Daerah Headline

BLITAR - Puluhan Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT) di Kabupaten Blitar dikeluarkan sepanjang tahun 2019. Izin itu dibutuhkan bagi pelaku usaha penyehat tradisional.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Blitar, Rully Wahyu mengatakan, sepanjang 2019 pihaknya telah menerbitkan 30 Surat Terdaftar Penyehat Tradisional (STPT). Menurutnya, STPT merupakan surat tanda bukti tertulis yang diberikan kepada penyehat tradisional.

"Jadi mereka telah mendaftar untuk memberikan pelayanan kesehatan tradisional empiris," kata Rully, Jumat (24//2020). terkininews.com

Dalam menerbitkan izin, lanjut Rully, pihaknya melibatkan Dinas Kesehatan. Melalui rekomendasi yang diberikan Dinas Kesehatan menjadi pertimbangan dalam mengeluarkan izin, karena Dinas Kesehatan beserta jajarannya hingga puskesmas lebih mengetahui kondisi dilapangan. 

"Dengan adanya STPT, maka praktek pengobatan tradisional dapat terus dipantau oleh Dinas Kesehatan, sehingga diharapkan pada akhirnya dapat memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat penggunanya," ujarnya.

Rully memastikan bakal terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam mengevaluasi setiap penerbitan STPT. Sehingga izin yang dikeluarkan benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat.(*/edp)