Memancing tidak Sekedar Melepas Hobi, tapi Dapat Rezeki

Adhie Ahad, 2 Februari 2020 10:27 WIB
365x ditampilkan Headline Lingga

LINGGA - Memancing memang tidak ada habisnya, hobi satu ini tidak mengenal pria atau wanita. Khususnya di Daik Lingga, tepatnya di pelabuhan penumpang Tanjung Buton menjadi dambaan bagi para pemancing. Tadi pagi, Ahad(2/2/2020) lebih dari 20 orang baik pria maupun wanita tampak sedang asyik memancing yang dikenal dengan nama palas. Palas merupakan pancing yang disusun banyak dan tanpa umpan, cukup dengan mencampakkan kailnya di dalam air laut dan terus ditarik naik-turun sehingga ikan itu memakan pancing yang tanpa umpan tersebut.

Palas ini menjadi menarik, karena memancingnya sangat mudah, bahkan banyak perempuan yang ikut dengan suaminya hanya sekedar melepas hobi tapi malah dapat rezeki sehingga tidak perlu membeli ikan lagi di pasar.

Salah seorang pemancing berasal dari Merawang ,Hazni menuturkan kepada terkininews.com, " saya hampir setiap minggu pergi memancing, jika cuaca bagus saya mancing menggunakan pompong ke rompong, kalau mancing disana ikannya lebih banyak, tapi karena cuaca pagi ini kurang bagus, saya lebih memilih memalas( menancing dengan palas) di pelabuhan sini saja", ungkapnya sampai terus menaikkan ikan beliak mata. 

Tidak hanya Hazni, ada juga Fuad salah seorang pemancing yang rumahnya cukup jauh yakni di desa Nerekeh, namun pagi-pagi sudah datang ke pelabuhan Tanjung Buton untuk melepas hobinya di hari libur. " Iya bang, rumah saya kira-kira 15 KM dari pelabuhan Tanjung Buton ini, tapi karena namanya hobi susah juga, jauh terasa dekat yang penting dapat mancing, soal dapat tidak ikannya itu urusan nanti", jelas Fuad sambil tertawa. 

Mancing palas ini menjadi kebiasaan yang sudah dalam ada di pelabuhan Tanjung Buton, bahkan beberapa tahun lalu pernah diadakan lomba pancing palas ini yang dilaksanakan oleh desa Mepar. Selain cara memancing yang mudah, palas juga tidak terlalu mahal sehingga banyak yang berminat dengan metode mancing ini tentunya juga dapat melepas hobi.***