Tindaklanjuti Usulan Masyarakat, Dewan Akui Terkendala Kewenangan

Admin Kamis, 13 Februari 2020 19:33 WIB
95x ditampilkan Daerah Headline

BLITAR - Perwakilan masing-masing dapil DPRD Kabupaten Blitar telah menyampaikan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat masa persidangan kedua tahun 2020 pada Rapat Paripurna Khusus, Rabu (12/02) kemarin.

"Iya, kemarin kita Rapat Paripurna Khusus. Juru bicara dari enam dapil telah menyampaikan hasilnya masing-masing," kata Suwito, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (13/2/2020) terkininews.com

Suwito menjelaskan, secara umum mayoritas masyarakat di Kabupaten Blitar masih mengeluhkan permasalahan yang sama dengan reses sebelumnya, yaitu terkait pembangunan infrsastruktur.

Bahkan diakuinya, anggota dewan dari enam dapil yang rata-rata berada di pedesaan atau pinggiran, terkendala kewenangan untuk menindaklanjutinya. "Ya seperti adanya usulan pembangunan jalan di desa yang bukan kewenangan Pemkab Blitar untuk membangun atau memperbaikinya. Tentu itu kan anggarannya tidak masuk di APBD," ujarnya.

Disisi lain, lanjut Suwito, anggaran didesa yang bersumber dari dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD), tidak cukup untuk menjangkau seluruh pembangunan infrastruktur. Sehingga dewan perlu solusi untuk bisa menindaklanjutinya.

"Selain mengenai pembangunan infrastriktur, masyarakat juga menyampaikan persoalan didaerahnya terkait pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi. Kita memastikan bakal menindaklanjuti semua aspirasi masyarakat melalui pokok pikiran yang akan dituangkan melalui DPRD," imbuhnya.(*/edp)