Inflasi Diprediksi Bisa Capai 6%

Diterbitkan oleh Redaksi pada Kamis, 28 Januari 2010 00:00 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 916 kali ditampilkan


Inflasi sekarang ini yang berada di sekitar level 2,8 persen dinilai sangat rendah, akibatnya inflasi diproyeksikan bisa mencapai level enam persen di 2010 ini.

"Tidak biasanya inflasi kita seperti ini. Ini terlalu rendah, sehingga inflasi akan melonjak ke level 5-5 persen," jelas Kepala Riset Recapital Securities Poltak Hotradero dalam acara media gathering di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (27/1/2010).

Akibatnya, dia menjelaskan jika tingkat acuan suku bunga (BI rate), kemungkinan besar akan dinaikkan karena hal itu. "BI rate itu mungkin saja tidak akan melebihi 7,5 persen, asalkan inflasi tidak lewat enam persen," paparnya.

Apalagi, beberapa negara berkembang lainnya seperti Brazil, Australia dan yang lainnya telah menaikkan tingkat suku bunganya masing-masing. "Jadi tinggal beberapa minggu lagi, dalam beberapa bulan lagi BI akan mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunganya," jelasnya.

Sementara itu, untuk rupiah dia mengatakan akan berada di kisaran Rp9.000-Rp9.700 per USD untuk tahun ini. Angka ini akan cukup aman bagi inflasi dan pertumbuhan ekonomi. "Kalau sampai lewat dari Rp9.000, para eksportir pasti akan teriak," tukasnya.

sumber: www.okezone.com