Kabinet Jokowi Diprediksi Bakalan Gemuk

Diterbitkan oleh Admin pada Sabtu, 13 September 2014 11:11 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 1.321 kali ditampilkan

Calon presiden terpilih Joko Widodo akan membentuk pemerintahan dengan kabinet yang kuat. Karena itu, menurut dia, masyarakat seharusnya tidak lagi mempermasalahkan kabinet yang dibentuknya nanti tergolong "ramping atau gemuk".

"Bukan masalah gemuk atau ramping. Tapi itu (tujuannya) menjadi kabinet yang kuat dan segera bisa mengimplementasikan semua program," ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (12/9).

Ia berharap menteri yang masuk kabinetnya nanti punya karakter kepemimpinan yang kuat.

"Kuat kalau menterinya bisa beri leadership yang kuat, kompetensi kuat, kapabilitasnya kuat," ujarnya.

Bahkan Jokowi mengaku tengah mempertimbangkan untuk menambah jumlah menteri lebih banyak daripada postur kabinet SBY-Boediono sekarang (34 menteri). Pasalnya, ia membandingkan dengan bentuk pemerintahan di Malaysia. Dengan jumlah penduduk Malaysia yang hanya berjumlah 24 juta orang, kabinet di negeri jiran itu diisi 24 orang menteri.

"Kita punya 17.000 pulau, penduduk 240 juta, seharusnya menterinya berapa? Karena itu saya sampaikan ramping, gemuk atau atletis itu tergantung yang kita lihat. Saya ramping atau gemuk? Maksud saya kementerian itu yang paling penting kuat, bisa laksanakan program dan implementasi program. Jangan kamu gemak gemuk rompang ramping," ujarnya. [ald]

*http://politik.rmol.co/read/2014/09/12/171732/Jokowi-Kasih-Sinyal-Kabinetnya-Lebih-Gemuk-daripada-Kabinet-SBY-