Inilah Asal Usul Nama Kota Kijang

Rabu, 19 November 2014 09:14 WIB
6339x ditampilkan Bintan

BINTAN - Siapa sangka kalau kota Kijang yang berada di kabupaten Bintan mempunyai sejarah nama yang tidak banyak diketahui orang. Ternyata kota Kijang yang meliputi wilayah Bintan sekarang sudah eksis sebagai sebuah kota jauh sebelum masa tempo dulu.



Di sana sudah tumbuh beberapa perusahaan lokal yang cukup terkenal namanya diantaranya adalah Pt Antam dan Bintan Off Shore. Menurut dari penjelasan PNS yang bertugas di perpustakaan dan arsip Bintan, Bapak  Musaffa Abbas yang dijumpai Terkininews.com pada Selasa (11/18/2014) jam 09.00 pagi. 


Dahulu nama kijang orang mengenal dengan nama nebam yaitu nama perusahaan tambang bauksit bland nebem berdiri tahun 1938 dan orang menyebut juga daerah ini sei kolak dan air sesap, tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar perairan sini, selanjutnya ketika jepang masuk dan belanda hengkang nama perusahaan bauksit mereka ganti dengan nama furukawa dan selanjutnya juga jepang menghilangkan semua nama-nama .


Beliau melanjutkan ‘’tempat yang berbau belanda seluruh nusantara tidak terkecuali daerah kita nebam atau sei kolak atau air sesap mereka rubah jadi kijang atau dalam bahasa jepang shika. yang nama tersebut bersumber dari nama gunung kijang yang terletak diantara galang batang dan sembo sekarang Korindo. yang kita kenal sementara itu nama gunung kijang berasal dari nama hewan kijang yang dahulu banyak terdapat digunung tersebut, jadi memang jika bertolak dari pendapat serta cerita leluhur sungguh kijang memang berasal dari hewan kijang mirip rusa namun bertanduk bercabang’’ ujarnya dengan singkat.