14 Rumah di Inhil - Riau Diterjang Puting Beliung

Diterbitkan oleh Dachroni pada Senin, 1 Desember 2014 17:45 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 848 kali ditampilkan

Bencana puting beliung terjadi di Kelurahan Sapat, Inhil - Riau. Musibah yang terjadi bersamaan hujan lebat ini merusakkan 14 rumah warga.


Riauterkini-SAPAT-Akhir-akhir ini kawasan Inhil rawan puting beliung, Ahad (30/11/14) sekitar pukul 23.30 Wib empat belas rumah rusak diterjangnya.



Berdasarkan informasi yang diperoleh riauterkinicom, saat kejadian kawasan ini sedang diguyur hujan cukup lebat, tiba-tiba datang angin puting beliung dari arah sungai menghantam kawasan Pasar Sapat.


"Saat itu hujan lebat, tiba-tiba datang angin kencang dari arah sungai dan mengakibatkan 14 rumah rusak pada bagian atapnya," ungkap Danramil 04 Sapat, Kapten Kasno kepada riauterkinicom, Senin (1/12/14).


Untungnya, dalam kejadian ini tidak jatuh korban jiwa, walaupun saat kejadian sebagian warga sudah tertidur. Kejadian ini hanya berlangsung sekitar 10 menit saja.


Saat ini sebagian warga sudah memperbaiki secara swadaya rumah mereka yang rusak. Karena memang rata-rata hanya mengalami kerusakan pada bagian atap saja.



Sekedar mengingatkan, sebelum angin puting beliung juga menghajar Desa Kampung Baru, Kecamatan Concong, CONCONG-Angin puting beliung menerjang Desa Kampung Baru, Kecamatan Concong, Kamis (26/11/14) sekitar pukul 15.20 Wib.



Saat itu 3 unit rumah yang rusak berat (ambruk dan ambruk sebagian), 3 lagi rusak sedang (bangunan miring) dan 14 rumah rusak ringan.


Ada sinyalemen, seringnya puting-beliung yang menerjang pemukiman warga, dikarenakan saat ini kawasan hutan bakau di pesisir Inhil banyak yang rusak, sehingga hantaman angin puting beliung langsung masuk ke pemukiman warga, dikarenakan tidak ada lagi kawasan hutan bakau sebagai benteng alam. ***(mar)


*riauterkini.com