ARB Ungguli Calon Lain dalam Munas Golkar

Diterbitkan oleh Dachroni pada Senin, 1 Desember 2014 08:44 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 733 kali ditampilkan

Dibandingkan calon ketua umum lain yang namanya sudah beredar, Aburizal Bakrie memiliki angka elektabilitas paling tinggi. Mayoritas pemilih Golkar masih menghendaki ARB maju lagi menjadi ketua umum.



"Elektabilitas ARB mencapai 54,2 persen," kata Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median), Rico Marbun, dalam keterangan kepada RMOL, Sabtu malam (Minggu, 30/11).


Di bawahnya, lanjut Rico, ada Priyo Budi Santoso dengan elektabilitas 10,6 persen; Agung laksono 10,2 persen; Agus Gumiwang 6;3 persen; MS Hidayat 3,3 persen; Airlangga Hartato 3,1 persen; Hajriyanto Tohari 3 persen; dan Zainudin Amali 2 persen.


"7,5 persen manyatakan tidak tahu," ungkap Rico.



Rico menjelaskan, survei ini digelar pada 21-27 November lalu dengan melibatkan 1.000 responden. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender di 33 Provinsi. Margin of error survei ini sebesar plus minus 3,2 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen



Survei ini, lanjutnya, menggunakan kuesioner dengan metode face to face interview dan merupakan tambahan pertanyaan atas survei nasional yang kami lakuka. Pada riset kali ini, Median mengidentifikasi terlebih dahulu responden, yang merupakan konstituen partai apa.
 


"Setelah jelas, mereka yang mengaku memilih Partai Golkar pada pemilu 2014 lalu, kami ajukan pertanyaan terkait preferensi mereka terhadap calon Ketum Golkar dan evaluasi kinerja Aburizal Bakrie. [RMOL/ysa]