Babat Habis Semua Kategori Kopassus Bikin 'Ngeri' Negara Tetangga

Diterbitkan oleh Redaksi pada Senin, 1 Desember 2014 17:00 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 915 kali ditampilkan

Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menunjukkan taringnya di hadapan negara tetangga. TNI Angkatan Darat menjadi juara umum di kompetisi di ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-24 yang digelar di Vietnam. Mayor Faisal menyatakan anggotanya mampu membabat habis semua kategori yang ada di AARM 24. Mulai perorangan maupun kelompok.



 "Seluruhnya (kategori) kita dominan. Dari tahun 2008 berturut-turut. Dari 45 emas kita mampu menyabet 29 emas. Dan dari 15 trofi, kita bisa dapat 9 trofi," kata Mayor Infanteri Faizal Izudin setibanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu (30/11/2014) malam.


 Menurut Mayor Faizal, saingan terberat datang dari Thailand yang memperoleh 2 trofi. Kemudian Faizal mengungkapkan bahwa perolehan medali dan juara umum tidak diperoleh dengan mudah. Adapun yang menjadi tantangan terberat ketika anggotanya harus bertanding di suhu 18 sampai 20 derajat Celsius. Konsentrasi bisa saja menurun.


"Tantangan terbesar, kondisi di negara Vietnam berbeda. Terkait tempat, cuaca dan logistik. Kita sudah mengantisipasi hal tersebut. Kita latihan di Garut dan Pengalengan sama seperti di Vietnam," terang Mayor Faisal.


Sementara, sambutan meriah datang dari Wakil Komandan Jendral Kopassus Brigadir Jendral TNI M Herindra yang menyatakan anggota kontingen yang berangkat jelas didominasi oleh kopasus. Dari situ negara tetangga akan berpikir dua kali untuk bermain-main dengan Indonesia.


Total ada 60 anggota TNI AD mengikuti AARM di Vietnam dengan berbagai kategori. Dari 60 anggota TNI AD, ada sebanyak 37 anggota satuan dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bergabung dalam kontingen TNI yang dipimpin oleh Mayor Infanteri Faisal Izudin.


AARM ini diikuti oleh 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Myanmar, Malaysia, Kamboja dan Laos.