468 Brigadir Polda Kepri Selesaikan Pendidikan

Kamis, 1 Januari 2015 08:40 WIB
1628x ditampilkan Batam

Sebanyak 468 orang Brigadir Polisi hasil seleksi pada 2014 selesai jalani pendidikan dan kembali ke Polda Kepri mulai bertugas sebagai polisi baru.


   
"Brigadir Polisi yang sudah dilantik dan kembali ke Polda Kepri terdiri dari 84 polisi wanita (polwan) dan 384 orang polisi laki-laki. Mereka merupakan hasil seleksi kuota yang diberikan dari Mabes Polri kepada Polda Kepri pada 2014," kata Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono di Batam, Rabu.


   
Hartono mengatakan, sebenarnya jumlah siswa yang lulus dari seleksi di Polda Kepri hanya 444 orang siswa. Sisanya sebanyak, 24 orang yang sekesai pendidikan dan dikirim ke Polda Kepri merupakan hasil selesksi di Pekan Baru.
   


"Sebanyak 24 anggota yang dikirim ke Polda Kepri merupakan polisi laki-laki hasil seleksi di Pekan Baru. Jumlah tersebut untuk memenuhi kuota di Kepri," kata dia.


   
Menurut Hartono, sebanyak 468 brigadir mengikuti pendidikan di beberapa tempat sekolah kepolsian negara. Sebanyak 360 polisi laki-laki di SPN Pekanbaru, 14 Polwan di Sepolwan Jakarta, 37 Polwan di SPN Purwokerto, Jawa Tengah dan 33 Polwan di Pusdik Gasum Surabaya, Jawa Timur.


   
"Mereka nantinya akan ditempatkan menyebar dari Polda Kepri, Polres-polres, hingga polsek di wilayah hukum Polda Kepri," kata Hartono.
   


Penempatan, kata dia, sesuai dengan kebutuhan masing-masing jajaran kepolisian yang ada di Kepri.
   


"Yang polwan kemungkinan akan ditempatkan hingga polsek-polsek pada bagian pelayanan aduan. Khususnya untuk kasus yang melibatkan perempuan dan anak," kata dia.


   
Hartono menjelaskan pada 2014 Polri membuka pendaftaran calon peserta sebanyak 7.000 personil Polwan di seluruh Indonesia.
   


"Tahun ini (2014) jumlah polwan memang jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya meningkatkan pelayanan hingga level polsek," kata Hartono.(Antara)